Rekaya Lalin Selama Pembangunan Underpass Matraman

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan membangun underpass di kawasan Matraman, Jakarta Pusat (Jakpus) hingga Desember 2017 mendatang. Selama pembangunan tersebut, Dinas Perhubungan DKI Jakarta membuat rekayasa lalu lintas bagi pengendara yang hendak melintasi di sekitar pembangunan underpass Matraman.

Kepala Dinas Perhubungan DKI Jakarta, Andri Yansyah menegaskan tidak ada penutupan jalan selama proses pembangunan tersebut, tetapi pihaknya akan mengantisipasi kepadatan lalu lintas yang akan terjadi karena adanya pengurangan lajur kendaraan dengan pengaturan sistem satu arah, dan pengalihan arus lalu lintas.

Andri menerangkan, untuk pengaturan sistem satu arah akan dilakukan dibeberapa lokasi seperti; di Jalan Salemba Raya, dari Jalan Diponegoro sampai dengan simpang Matraman, di Jalan Matraman (kecuali jalur bus transjakarta tetap berjalan normal), Jalan Proklamasi dari arah selatan ke utara, pengubahan fly over Pramuka yang sebelumnya untuk kendaraan dari Pramuka menuju Salemba, menjadi arah sebaliknya dari Salemba menuju Pramuka. Selain itu, beberapa lokasi juga tidak akan diatur lampu lalu lintas seperti simpang Matraman, simpang Diponegoro, dan simpang Megaria.

“Hanya jalur bus Transjakarta yang beroprasi normal, bus tetap bisa mengunakan jalur seperti biasa,” terangnya.

Untuk pengalihan arus lalu lintas, Andri memaparkan,  latu lintas dari Jatinegara menuju Senen dan Pramuka yang semula Iurus dan belok kanan di Simpang Matraman -Salemba dialihkan belok ke kiri ke Jalan. Matraman Dalam- Jalan Proklamasi- Jalan Diponegoro- belok kiri ke Senen, belok kanan ke Pramuka dan lulrus ke Jatinegara pengecualian untuk Bus Transjakarta. 

Sementara lalu lintas dari Mangarai yang akan menuju Senen maupun Prarnuka yang semula belok kiri dan lurus di Simpang Matraman-Salemba dialihkan menjadi belok kiri ke jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro-belok kiri ke Senen-belok kanan ke Pramuka dan lurus ke Jatinegara.

Lalu lintas dari Jalan Proklamasi menuju Cikini/Tugu Tani yang semula melalui jalan Pegangsaan Barat dialihkan ke Jalan Diponegoro belok kanan di Simpang Jalan Tengku Cikditiro menuju Cikini/Tugu Tani. Untuk lalu lintas dari Pramuka yang semula ke arah Senen belok ke kanan menggunakan Fly Over Pramuka-Salemba dialihkan menjadi lurus naik Fly Over Pramuka Tambak ke Jalan Matraman Dalam-Jalan Proklamasi-Jalan Diponegoro belok kiri ke Senen.

“Uji coba rekayasa lalu lintas ini akan dilakukan selama 7 hari dari 20 Juli hingga 27 Juli mendatang,” tandasnya.

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait