Lestarikan Permainan Tradisional Bayu Minta Orang Tua Tidak Bermain Gadget di Depan Anak

Jakarta Pusat, -- Guna melestarikan permainan tradisional pada anak, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara meminta kepada seluruh orang tua tidak bermain gadget di depan anak. Langkah ini dilakukan agar anak-anak mereka bermain permainan tradisional.

Hal tersebut dikemukakan dalam acara Festival dan Permainan Tradisional Jakarta dan Pencanangan Komunitas Orang Tua Peduli Permainan Tradisional di gedung Pertamina, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Kamis (21/12).

Bayu mengatakan perkembangan dunia Gadget tidak dapat dibendung lantaran memang sesuai perkembangan jaman. Namun dengan pesatnya dunia gadget saat ini, harus disikapi dengan serius terlebih saat ini permainan tradisional mulai tergerus perkembangan jaman.

"Orang tua itu harus bisa menunjukkan mereka tidak main gadget di depan anak mereka. Ajak anak bermain permainan tradisional dengan cara itu permainan tradisional tidak tergerus perkembangan jaman," ucap Bayu.

Ditempat yang sama, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pendidikan 2 Jakarta Pusat, Subaidah mengatakan kegiatan ini merupakan inisiatif salah satu guru SD di wilayah Cempaka Putih. Pasalnya permainan tradisonal saat ini nyaris punah karena tergerus dengan perkembangan gadget. 

"Permainan tradisional itu bisa meningkatkan kejujuran dan penguatan karakter," terangnya.

Dalam kegiatan itu, sejumlah permainan tradisional dimainkan anak-anak yang hadir seperti congklak, bola bekel, klereng, biji karet, dan sebagainya.

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait