Maksimalkan Lahan Sempit Jadi Konsep Jakpus Ramaikan Flona 2017

Jakarta Pusat, -- Ajang Event Flona Jakarta 2017 di Taman Lapangan Banteng, Sawah Besar, Jakarta Pusat akan segera dilangsungkan pada 21 Juli - 21 Agustus. Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) memilih konsep memaksimalkan lahan sempit seoptimal mungkin untuk ikut  memeriahkan stan Wali Kota Jakpus dalam kegiatan tahunan ini.

Kepala Sudin Kehutanan Jakpus, Munjirin mengungkapkan, jika tahun lalu wilayah Jakpus mendapatkan luas area 1000 meter persegi, tahun ini pihak penyelengara hanya memberikan lahan 250 meter untuk Pemkot Jakpus. Meski dengan lahan terbatas, pihaknya akan menyuguhkan nuansa hutan yang nyaman dan asri dengan tema “Forest for Us”.  Dengan sologan ini pihaknya ingin menonjolkan salah satu hutan kota yang ada di Jakarta Pusat yaitu Kawasan Gelora Bung Karno (GBK) Senayan.

"Slogan Forest for Us didasari oleh keinginan untuk memperkenalkan hutan kota di wilayah Jakarta Pusat kepada masyarakat dan mengajak masyarakat untuk menjaga dan melestarikan hutan kota," ungkap Munjirin, Selasa (18/7).

Nantinya di dalam areal stan Flona Wali Kota Jakpus,  akan ada 3 bangunan yang dibuat dari kayu triplek berdiameter 2-4,5 meter. Satu bangunan utama akan mengadopsi bentuk Stadion GBK, sedangkan dua bangunan pendukung berbentuk kubah.

disisi luar stan terdapat pintu gerbang, jalan setapak, kolam ikan, urban farming, lampu hias sorot dan ornamen, termasuk area kesenian musik.

Stan ini juga akan dilengkapi baground menarik untuk selfie pengunjung, tempat bermain anak dengan konsep mini outbond, dan replika hewan dari topiary tanaman yang dibentuk menyerupai jerapah sama rusa.

"Untuk jalan setapak konsepnya stone river, batunya sudah datang. Backdrop yang dulunya dari tutup botol, sekarang dari kayu triplek yang dikombinasi dengan tanaman hias," kata Munjirin.

Pihaknya menyebut akan ada penilauan stan terinovatif  yang akan diberikan pihak penyelenggara dengan ketentuan, kesesuaian tema stand masing-masing terhadap tema utama, pemanfaatan terhadap luasan area, lanskap, dan aktifitas di dalamnya.

"UKPD lain juga ikut berpartisipasi memeriahkan stan Flona Wali Kota Jakarta Pusat ini. Kami bakal memanfaatkan semaksimal mungkin lahan yang disediakan dan optimis bisa meraih stan terinovatif lagi," tandas Munjirin.

 

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait