Pemberdayaan alternatif melalui kreativitas kerajinan handycraft

Jakarta Pusat, -- Narkoba dan sejenisnya adalah dilarang oleh Negara dan Agama. Hal itu tentu membuat kita tidak ingin memakainya dan terjerumus ke dalam narkoba. ”Untuk itu kita perlu waspada terhadap narkoba,” kata Camat Menteng, Lilik Yuli Handayani, Senin (7/9) dalam sambutannya pada acara Pemberdayaan Alternatif melalui Kreatifitas Kerajinan Handycraft   bagi masyarakat Menteng Tenggulun yang diselenggarakan Badan Narkotika Nasional (BNN).

Menurut Lilik, Hal-hal yang dapat dilakukan agar tidak terjerumus ke penyalahgunaan narkoba antara lain, pendidikan dan penyuluhan tentang narkoba, menghindari coba-coba, kenali ancaman hukuman bagi pemakai, pembuat maupun pengedar. ”Perkuat keimanan dan takut dosa sebagai benteng diri, Memilih pergaulan yang sehat, mempererat hubungan dengan keluarga serta Hindari pintu masuk narkoba yaitu rokok,” paparnya.

Lilik melanjutkan, Yang menjadi salah satu faktor penyebab terjerumus kedalam pemakaian narkoba yaitu adanya broken home atau permasalahan keluarga. Untuk itu ada baiknya jika hubungan keharmonisan keluarga di tingkatkan lagi.

”Bila ada masalah segera curhat atau bercerita kepada orang tua atau orang yang kalian anggap mampu membantu atau memberi jalan keluar atas permasalahan kalian. Dengan demikian kalian akan lebih lega,” katanya.

Selain itu untuk meningkatkan produktivitas diri agar kita tidak terjerumus narkoba, kata Lilik, bisa dengan menciptakan peluang usaha.

”Salah satu caranya yaitu membuat usaha sendiri baik usaha rumahan atau yang lainya, salah satunya dengan mengembangkan kerajinan tangan (handycraft)” papar Lilik.

Dengan mengembangkan kerajinan tangan, kata Lilik. Selain mendapatkan keuntungan financial kita jufa membantu mengurangi pengangguran.

“Jangan takut memulai usaha karena setiap orang yang mengetahui keindahan akan menyukai pekerjaan ini. Jadi ini bukan pekerjaan ibu-ibu rumah tangga saja. Semua bisa melakukan didasari dengan niat,” tutup Lilik dengan memberikan tips bagi peserta yang ingin memulai mengerjakan handicraft.


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait