Pemkot Jakpus Gelar Pelatihan Pengarustamaan Gender

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Sudin PPAPP) Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar Pelatihan Pengarustamaan Gender (PUG) melalui Perencanaan Penganggaran Responsif (PPRG) tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

Kepala Suku Dinas (Kasudin) PPAP Jakpus, Erma Suryani menjelaskan kegiatan ini guna peningkatan dan pemahaman kepada unit kerja pemerintahan daerah di Jakarta Pusat dalam penyusunan perencanaan dan penganggaran yang responsif gender. 

"Pelatihan ini bertujuan meningkatkan pengetahuan dan pemahaman jajaran UKPD di tingkat kota tentang pengarustamaan gender serta upaya percepatan PUG melalui PPRG," jelasnya di Ruang Serbaguna Utama Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (27/9).

Selain itu, Erma berharap dengan adanya kegiatan ini, Kota Administrasi Jakarta Pusat semakin resfonsif terhadap isu kesenjangan gender di semua sektor. 

Sementara itu, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, pengarustamaan gender merupakan sebuah upaya untuk menghilangkan hambatan yang menyebabkan tidak tercapainya kesetaraan dan keadilan gender, seperti mengkriminalisasi perempuan, menyudutkan, dan merendahkan.   

"Program ini sudah ada Pergub atau payung hukumnya,  tentu nantinya di lapangan para UKPD dapat berkoordinasi sehingga pemberdayaan gender yang berada di wilayah Jakarta Pusat dapat berjalan dengan baik," tegasnya.   

Untuk diketahui, Pelatihan Pengarustamaan Gender (PUG) melalui Perencanaan Penganggaran Responsif (PPRG) tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat diselenggarakan selama dua hari dan ditutup pada hari ini, Jumat (28/9). 

Kominfotik JP/As/Stk


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait