Pengawasan Kinerja PPSU Ditingkatkan

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) meminta seluruh apratur kelurahan meningkatkan pengawasan terhadap kinerja petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) di wilayah masing-masing.

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakpus, Bakwan Ginting menilai pengawasan terhadap kinerja PPSU ini penting untuk dilakukan.  Sebab, jika tidak diawasi dan diberi pengarahan secara intensif, petugas PPSU akan cenderung malas bekerja, bahkan mereka akan lebih banyak menghabiskan waktu berkumpul dengan rekan sesama PPSU. Bila kondisi ini dibiarkan,  pihaknya menghawatirkan terbengkalainya berbagai masalah kebersihan.

"Kadang - kadang petugas PPSU malas kalau tidak diawasi. Seperti mereka malah bergerombol bekerja padahal sudah di tempatkan di lokasi yang sudah ditentukan," tegas Bakwan, Senin (10/7).

Bakwan menegaskan, peningkatan pengawasan tersebut bukan tanpa sebab, pasalnya Ia kerap mendapati penumpukan sampah di beberapa titik. Menurutnya, itu menandakan kurang optimalnya kerja dari petugas PPSU akibat kurang pengawasan dari aparatur kelurahan.

 Meski tidak secara keseluruhan, tapi penanganan masalah sampah harus dimaksimalkan. Terlebih, Jakarta Pusat merupakan ring 1.

"Kami dapati di lapangan petugas PPSU bekerja secara bergerombol. Memang sih tidak semua, tapi artinya sudah menjadi tanggung jawab kita karena kebersihan harus terjamin. Secara keseluruhan sudah bagus, tapi kita ingin terus mengoptimalkan lagi," ucapnya.

Masih kata Bakwan, jangan sampai pengawasan berkurang hingga berlarut-larut sehingga terkesan ada pembiaran. Jika hal itu terjadi sudah pasti akan terjadi penumpukan sampah dibeberapa titik.

"Di sini lah diharapkan  pengawasan dan pengarahan dari kelurahan. Supaya sesuai dengan zona yang dibuat dan mereka mengerjakan dengan sempurna," tutupnya.

 

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait