Penyandang Disabilitas Pasti Kerja

Jakarta Pusat, -- Para penyandang disabilitas dapat bernafas lega, mereka tidak perlu lagi hawatir tidak mendapatkan pekerjaan karena keterbatasan fisik. Sebab, Suku Dinas (Sudin) Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Jakpus akan memfasilitasi para penyandang disabilitas yang ada di wilayah Jakarta Pusat agar mendapatkan pekerjaan.

Kasie Pelatihan Penempatan dan Produktifitas Tenaga Kerja Sudin Nakertrans Jakpus Wasingthon menerangkan, para penyandang Disabilitas hanya perlu datang ke Sudin Nakertrans Jakpus untuk mendapatkan sosialisasi mengenai pekerjaan yang tersedia untuk para penyandang disabilitas. Sejumlah tes akan dilakukan pihaknya, untuk memastikan para penyandang disabilitas ini mampu untuk berinteraksi atau tidak. Menurutnya, hal ini penting untuk dilakukan guna mengetahui, apakah mereka bisa melakukan pekerjaan dengan kondisi fisik yang terbatas.

“Pertama kita akan lihat dulu kemampuan mereka, bisa nggak mereka diperintah, logikanya berjalan nggak, jangan sampai mereka tidak mengerti ketika diperintah. Nanti kita akan ajarkan juga bagaimana caranya berinteraksi di tempat kerja,” ungkapnya.

Setelah mengetahui potensi yang ada pada penyandang disabilitas barulah pihaknya menyalurkan pada perusahaan yang menyediakan pekerjaan untuk penyandang disabilitas. Biasanya, super market besar menyediakan lowongan untuk petugas penganti barcode, pengecek stok barang, selain itu untuk lowongan house keeper di hotel-hotel juga menyediakan pekerjaan untuk para penyandang disabilitas.

“Pada dasarnya lowongan yang tersedia untuk mereka memang ada, karena memang peraturannya ada tapi ini juga jadi perhatian kami posisi untuk mereka pas tidak jangan sampai penyandang disabilitas ini ditempatkan ditempat yang memerlukan banyak interaksi dengan pelangan, atau mereka disuruh mengecek barang di rak yang paling atas,” tegasnya.

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait