29 Komunitas Seni Jakpus Mendapat Bantuan Alat Kesenian

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat (Pemkot Jakpus) menyerahkan bantuan alat kesenian kosidah serta marawis kepada 29 komunitas seni di 8 kecamatan di Kantor Walikota Jakpus, Jl. Tanah Abang I No. 1, Rabu (12/4).

Pemberian secara simbolis dilakukan oleh Wakil Walikota Jakpus, Bayu Meghantara didampingi kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, Sonti Pangaribuan kepada perwakilan komunitas dari Kelurahan Kartini- Sawah Besar, Kelurahan Kampung Bali -Tanah Abang, dan Kelurahan Kemayoran.

Dalam sambutannya, Bayu Menghantara mengatakan, bahwa pemberian alat kesenian ini merupakan salah satu bentuk pembinaan dan perhatian Pemerintah pada kesenian tradisional.  “Marawis dan kosidah merupakan salah satu kesenian khas Betawi yang harus dilestarikan dan dikembangkan oleh masyrakat,” ujar Bayu.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Sonti  Pangaribuan menegaskan, agar alat kesenian yang sudah diberikan agar digunakan untuk kepentingan bersama atau komunitas seni bukan untuk kepentingan pribadi. Dirinya juga membuat surat pernyataan tentang pelarangan menggunakan alat kesenian ini secara pribadi dan untuk diperjualbelikan.

"Selain menandatangani surat serah terima pemeberian alat kesenian, kami juga mewajibkan kepada perwakilan komunitas seni ini untuk menandatangani surat pernyataan pelarangan menggunakan alat seni ini untuk kepentingan pribadi dan untuk diperjualbelikan. Kalau diketahui ada yang melanggar, warga tidak dapat mengusulkan lagi untuk tahun berikutnya". Tegas Sonti. (Kominfotik JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait