44 Kesenian RPTRA Dilombakan

Jakarta Pusat, -- Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) mengelar perlombaan seni budaya, perlombaan ini diikuti kelompok tari dari 44 Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) se-Jakpus. 

Kasudin Pariwisata Jakpus, Sonti Pangaribuan menerangkan sebelum melakukan kegiatan perlombaan ini, seluruh peserta diberikan pelatihan di RPTRA masing-mading sejak Maret hingga Juni lalu. Ada beberapa pelatihan seni yang diberikan mulai dari tari, marawis, hadroh, qasidah, angklung, gambang kromong. 

"Ada sekitar 1500 peserta yang ikut dalam perlombaan ini, untuk tari ada lebih dari 350 peserta dari 44 RPTRA," terangnya. 

Sementara itu, Wali Kota Jakpus, Mangara pardede mengapresiasi kegiatan perlombaan ini. Apalagi semangat dan antusias peserta lomba yang masih anak-anak untuk melestarikan seni dan budaya lewat tarian. 

"RPTRA ini didedikasikan sebagai tempat berkumpul, menyalurkan hal positif termasuk dalam bidang seni dan budaya. Sehingga anak-anak dapat menjadi anak yang berkarakter dan mencintai budaya," ungkapnya. 

Kedepan, pihaknya berencana mengambil anak-anak berbakat seni dan budaya terbaik dari RPTRA, untuk dibina lebih lanjut pada pusat pelatihan seni dan budaya pemerintah. Sehingga kemampuan anak tersebut dapat lebih berkembang lagi karena dilatih tim profesional. 

"Saya harapkan, nantinya tidak hanya orang profesional dalam bidang teknologi yang maju, tetapi orang-orang dalam bidang seni dapat maju untuk terus melangengkan budaya nusantara," tandasnya. 

Kominfotik JP/Day/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait