683 unggas di bantaran kali Ciliwung dimusnahkan

Jakarta Pusat, -- Sekitar 683 unggas dari jenis burung dara dan ayam yang dipelihara oleh warga Kecamatan Senen dan Menteng di sepanjang bantaran Kali Ciliwung dimusnahkan. Ini untuk mengantisipasi penyebaran virus yang menyebabkan penyakit flu burung di lingkungan pemukiman warga.

Saya sangat menyambut baik dan mengapresiasi atas sweping unggas di lingkungan pemukiman yang dilakukan Suku Dinas Kelautan, Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP), Jelas Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, saat memimpin Apel Sweeping Unggas di Wilayah Kecamatan Senen dan Menteng, Rabu (18/11).

Sweeping unggas yang dilakukan ini untuk menegakkan dan menerapkan perda No.4/2007 tentang pengendalian dan peredaran unggas di Prov. DKI Jakarta. Unggas yang dipelihara oleh warga tersebut umumnya dipelihara tidak jauh dari pekarangan rumahnya, di khawatirkan dengan banyak unggas di pemukiman dapat membahayakan warga, ujar Mangara.

Dalam melakukan sweeping unggas diminta para petugas bersikap tegas dan wibawa, sehingga masyarakat dapat menghargai apa yang kita lakukan. Unggas yang telah diamankan supaya dimusnahkan agar virus yang dapat menyebarkan penyakit flu burung tidak menyebar ke warga warga, tambah Mangara.

Ka.Sudin KPKP Mulyadi, mengatakan dari Sweeping unggas pihaknya berhasil memusnahkan sekitar 683 ekor unggas yang terdiri dari 597 ekor burung dara dan 86 ekor ayam, unggas yang paling banyak dimusnahkan di wilayah Kel.Kwitang, Senen dan wilayah Kel. Cikini, Menteng.

Selain memusnahkan unggas pihaknya juga membongkar 277 kandang unggas yang berada disepanjang kali ciliwung. Ke depan kita akan melakukan terus  koordinasi dengan pihak kecamatan maupun kelurahan, jika diketemukan kembali akan dibongkar langsung, tegas Mulyadi.

jumlah personil yang di turunkan dalam sweeping unggas sebanyak 150 orang terdiri dari anggota Satpol PP, TNI, Polisi, PPSU serta dari Unsur KPKP. Sedangkan sweeping unggas dilakukan di wilayah Kecamatan Senen terdiri dari Kel. Kwitang dan Kenari sedangkan Kecamatan Menteng terdiri dari Kel. Cikini, Kebon Sirih dan Pegangsaan, ucap Mulyadi (AD).


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait