86 Penghuni Kos Dibuatkan SKDS

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Jakarta Pusat menggelar pendataan  pendatang baru pasca Idul Fitri 1439 H di wilayah Rw.05 Kel.Paseban, Kec.Senen, Jakarta Pusat. Pendataan terhadap pendatang baru tersebut di pimpin Camat Senen, Munjir dan Ka. Sudin Dukcapil Jakarta Pusat,Remon Mastadian.

Pendataan pendatang baru menyisir di rumah Kos RW.05 yang meliputi Rt.001, 005, 006, 011 dan Rt.12, kel.Paseban menerjunkan 50 personil terdiri dari unsur Satpol PP, Sudin Sosial, PTSP, Sudin Perumahan, Sudin Kominfo, TNI/Polri, Sudin Dukcapil, serta tokoh masyarakat. Pelaksanaan pendataan tersebut berlangsung pukul 15.00 Wib hingga pukul 20.00 Wib.
Hasil pendataan pendatang baru 267 orang yang di periksa 89 orang diantaranya terdiri dari 68 perempuan dan 21 laki-laki  ber KTP daerah dan langsung dibuatkan Surat Keterangan Domisili Sementar (SKDS).

Menurut Ka.Sudin Dukcapil Jakpus, Remon Mastadian. SKDS ini diberikan sebagai surat keterangan yang bersifat sementara dan masa berlakunya satu tahun. Jika sudah habis masa berlakunya maka dapat diperpanjang kembali.
Ditambahkan, SKDS yang dipegang warga pendatang bisa dijadikan pengamanan. Persyaratan untuk membuat SKDS antara lain, memiliki KTP daerah asal, ada rumah tinggal di Jakarta yang dibuktikan serta surat pengantar RT/RW sesuai tempat tinggal di Jakarta.

Pendataan pendatang baru ini dilakukan untuk antisipasi pendatang baru, pendataan sekaligus tertib administrasi kependudukan sesuai Peraturan Daerah (Perda) No.2 tahun 2013 tentang Persyaratan dan Tata Cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil, ujar Remon.

Sementara Camat Senen, Munjir menghimbau kepada pemilik/pengelola rumah kos hendaknya jika ada pendatang baru yang ingin kos agar di laporkan ke RT/RW supaya dibuatkan SKDS, agar mereka nyaman dan aman saat huni rumah kos tersebut.
Menurut Munjir penghuni rumah kos di RW.05 Kel.Paseban pada umumnya mereka mahasiswa dan pegawai yang berkerja dan kuliah di kawasan salemba.

 

Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait