Air di Situ Lembang Segera Ditambah

Jakarta Pusat, -- Akibat musim kemarau  di Jakarta kondisi air di kawasan Situ Lembang berkurang. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat (Jakpus) akan mengambil air dari beberapa sumber air seperti di Budi Kemuliaan.

Wali Kota Jakpus Mangara Pardede mengungkapkan, selain melakukan penambahan air untuk waduk Situ Lembang, pihaknya juga akan melakukan penebaran ikan di waduk tersebut, bahkan Gubernur DKI Jakarta, Djarot Sauful Hidayat yang akan melakukan penebaran ikan pada 1 oktober mendatang.

"Berkurangnya air karena memang tengah musim kemarau, jadi kemungkinan ada penambahan," terangnya Selasa (19/9).

Apabila dimungkinkan, lanjut dia,  pihaknya juga akan berkordinasi dengan Sudin Gulkarmat untuk mengankut air yang dibutuhkan,

"Ada pengelolaan air di Abdul Muis, bisa ambil disana kalau airnya masih kurang nanti, pengambilan air bisa mengerahkan mobil damkar, tapi kita tunggu saja dulu kondisi air di situ," ujarnya. 

Di tempat terpisah, Kepala Sudin sumber Daya air, Dicky Suherlan mengatakan, saat ini situ lembang memiliki luas 8.500 meter persegi. Sementara total kedalaman air mencapai lebih dari 800 kubik.

"Danau sudah terisi air, sisa air yang dibutuhkan saat ini 8.500 kubik," ujar Dicky. 

Sementara untuk kekurangan airnya ia akan mengambil di Pengelolaan Air di Abdul muis dan waduk-waduk yang memiliki kadar PH baik, agar ikan yang nanti yang akan di tabur ke situ lembang bisa hidup. 

"Saat ini kita masih dalam pembahasan waduk mana saja yang akan di ambil airnya, karena ini melibatkan banyak pihak," pungkasnya.

 

Kominfotik JP/chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait