Akhir Maret 1000 Sumur Resapan Rampung

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Mengacu Instruksi Gubernur (Ingub) DKI Jakarta 131 tahun 2018 tentang drainase vertikal, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat akan membangun 1000 sumur resapan. 

Asisten Perekonomian dan Pembangunan Jakarta Pusat, Bakwan Ferizan Ginting mengatakan, pembangunan drainase vertikal ini bertujuan agar air hujan tidak langsung menuju ke saluran melainkan ditampung agar masuk terserap ke dalam tanah.

"Target kita itu 1000 sumur resapan, ada yang sudah berjalan, seperti yang telah dilakakukan Sudin SDA, Perindustrian Energi (PE)," ucap Bakwan saat diwawancarai di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang 1, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (22/2).

Sambung Bakwan, dari 1000 sumur resapan ada 350 sumur resapan yang dibiayai Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) DKI Jakarta. Sisanya dibangun oleh swadaya masyarakat bersama kelurahan dan kecamatan.

"Akhir Maret 2019 ini pembuatan sumur resapan sudah harus rampung," singkatnya.

Sementara itu, Kabag PKLH Bernard Tambunan menjelaskan lurah dan camat harus bergerak membuat sumur serapan. Nantinya sumur tersebut dapat dibuat di pusat niaga, pemukiman, sekolah, dan Puskesmas.

"Kalau untuk kantor pemerintah sudah pasti harus ada sumur resapan," tandasnya. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait