Anies Hadiri Pencanangan GISA

Jakarta Pusat, -- Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan menghadiri pencanangan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA) Kependudukan Provinsi DKI Jakarta yang diinisiasi Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), di Rumah Susun (Rusun) Jati Rawasari, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (4/11).

Dalam kesempatan itu Anies mengatakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta sangat mendukung program GISA kependudukan. Program ini sekaligus mendukung terwujudnya konsep One Map, One Data, dan One Policy di DKI Jakarta. 

"Saya minta seluruh Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk memastikan integrasi administrasi data kependudukan di Jakarta berjalan dengan baik," ucapnya, di Rusun Jati Rawasari, Jl Mardani Raya, Cempaka Putih, Jakarta Pusat, Minggu (4/11).

Anies menginginkan, seluruh warga DKI Jakarta tertib administrasi kependudukan, mulai dari akta kelahiran, serta  berbagai administrasi kependudukan lainnya.

"Hal itu harus dilakukan agar kewajiban pemerintah kepada warga bisa ditunaikan. Selain itu, pemerintah juga memahami kemana harus bertanggung jawab atas pelayanan yang diberikan," terangnya.

Anies juga mengapresiasi trobosan dari Kemendagri, dimana berperan penting dalam merangkul Jakarta membangun sistem satu pintu tersebut. 

"Kita sangat apresiasi sekali kinerja Direktorat Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri yang sudah memungkinkan DKI memberikan pelayanan dengan baik," tandasnya. 

Sementara itu, Direktur Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kemendagri, Zudan Arif Fakrulloh menerangkan, GISA merupakan program nasional untuk merealisasikan Single Identity Number (SIN).

"Kita akan mengoptimalkan SIN untuk semua keperluan, mulai anak sekolah, perbankan, bantuan sosial, perizinan, hingga pajak kendaraan, cukup dengan NIK," terangnya.

Kominfotik JP/Chs/Day/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait