Anies Resmikan Dua Kantor Lurah di Kecamatan Gambir

Jakarta Pusat, -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meresmikan dua kantor lurah di Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat (Jakpus), yakni Kantor Lurah Petojo Selatan, dan Kantor Lurah Gambir, Senin (19/2). Peresmian ini dilakukan di Kantor Lurah Petojo Selatan.

Dalam kesempatan itu Anies mengharapkan dua kantor lurah yang baru direhab total itu dapat melayani masyarakat, dan menyelesaikan seluruh masalah warga. Pihaknya juga menginginkan adanya perubahan mindset para Apratur Sipil Negara (ASN) dalam melayani masyarakat.

"Kelurahan itu ujung tombak pemerintahan, kita tidak bisa pilih orang semua orang harus dilayani. Kantor baru ini menjadi tempat yang baru untuk memudahkan masyarakat," ujarnya dihadapan Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede, para pejabat, dan puluhan masyarakat yang hadir untuk menyaksikan peresmian tersebut.

Desain Kantor Lurah Petojo Selatan yang dibangun tanpa pagar, juga menjadi sorotan Anies. Menurutnya, kantor lurah seharusnya seperti ini (Kantor Lurah Petojo Selatan), agar lebih dekat dalam berinteraksi dengan masyarakat. Bahkan, pihaknya menegaskan akan menjadikan Kantor Lurah Petojo Selatan ini sebagai percontohan se-DKI Jakarta.

"Kantor lurah seharusnya memang seperti ini, dekat dengan warganya. Warga nggak akan bicara bagus sofanya, atau baru gedungnya. Tetapi, warga akan mengingat interaksi  dengan ASN yang ada didalamya," terangnya.

Sementara itu, Wali Kota Jakpus Mangara Pardede menerangkan, pihaknya memang mendesain Kantor Lurah Petojo Selatan tanpa pagar. Selain untuk menyatu dengan masyarakat, area Kantor Lurah Petojo Selatan tidak memiliki lahan yang luas.

"Kita harapkan dengan rehab total ini, kinerja ASN dapat semakin meningkat," terangnya.
Untuk membangun dua kantor lurah itu, pihaknya mengangarkan Rp 7,1 milyar. Sementara yang terserap mulai dari proses lelang hingga finishing akhir hanya Rp 5,5 milyar.

"Ada efisiensi anggaran Rp 1,6 milyar, selain itu selama proses pembangunan dua kantor lurah, kita juga tidak menyewa tempat, semua aktivitas selama proses pembangunan di dua kantor lurah  tersebut ditampung di Kantor Wali Kota Jakpus," paparnya.

Anis dan jajaran juga terlihat meninjau kedalam kantor kelurahan, serta mengunjunggi stand PKK.


Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait