Anies Tinjau Tenda PKL Tanah Abang

Jakarta Pusat, -- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau lokasi penataan Pedagang Kaki Lima (PKL) Tanah Abang, Jumat (22/12).
Penataan PKL Tanah Abang ini dilakukan dengan mendirikan tenda di sepanjang Jalan Jati Baru dan penutupan jalan. Warga yang hendak melintasi kawasan Tanah Abang disediakan bus Transjakarta.

Dalam kesempatan itu, Anies menegaskan penataan PKL dengan mendirikan tenda di sepanjang Jati Baru ini merupakan langkah yang tepat. Sebab, dengan mekanisme ini dapat mengakomodir seluruh kepentingan mulai dari warga, pejalan kaki, dan PKL yang selama ini berjualan di Tanah Abang.

"Dengan kebijakan ini tentunya PKL punya tempat berjualan. Pejalan kaki pun tidak terampas haknya, mereka bisa berjalan dengan nyaman di trotoar," ujarnya usai berkeliling dengan bus Tranjakarta.

Meski tenda untuk pedagang ini membuat jalan ditutup namun menurutnya penutupan jalan ini bukan kendala berarti, sebab jam buka tutup jalan sudah diatur melalui kajian.

"Kita tutup jalan jam 08.00 dan buka kembali jam 18.00, artinya anak sekolah mapun pegawai yang kerja tetap bisa mejalankan aktivitas mereka pulang pergi," jelasnya.

Tidak hanya PKL yang ditertibkan, ojek pangkalan dan ojek online juga disediakan lahan untuk menunggu penumpang. Para penumpang kereta api pun dapat langsung mengelilingi Tanah Abang dengan bus Transjakarta gratis.

"Kita akan terus melakukan pemantauan, agar penataan ini betul-betul dimanfaatkan warga," tandasnya.

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait