BBPOM DKI Sidak Parsel di Cikini

Jakarta Pusat, --  

Balai Besar Pengawasan Obat dan Makanan (BBPOM) DKI Jakarta bersama Suku Dinas  Kesehatan (Sudinkes) Jakarta Pusat (Jakpus) mengadakan sidak pengawasan produk pangan di dalam parcel yang ada di kawasan Cikini, Menteng, Jakpus, Selasa (13/6).

Kepala BBPOM DKI Jakarta, Dewi Prawitasari mengatakan, menjelang Lebaran permintaan terhadap produk pangan, khusunya parsel sangat meningkat. Sehingga, kemungkinan terjadi peredaran produk pangan yang tidak memenuhi syarat juga meningkat, antara lain pangan ilegal, kedaluwarsa, maupun rusak.

Usai menyasar sejumlah kios pedagang di Pasar Kembang dan Pasar Swalayan Cikini Gold Center sekaligus melakukan pengecekan dan pengambilan sample untuk diperiksa. Hasilnya cukup memuaskan, bahan pangan yang ada di dalam parsel aman dan layak untuk dikonsumsi. Pihaknya mengaku, tidak menemukan produk pangan dalam parsel yang menyalahi aturan berlaku.

"Di sana kami sudah mengecek tidak ada pangan yang tidak memenuhi ketentuan, dari segi label memenuhi, izin edar dan kedaluwarsanya juga," ungkap Dewi.

Dewi mengimbau masyarakat pengirim atau penerima parsel, termasuk perangkai parsel untuk memperhatikan empat hal yakni, masa kedaluwarsa, izin edar, label, dan kondisi kemasan.

"Cek kemasan, masih utuh ada segelnya, kalau dalam bentuk kaleng tidak boleh penyok, gembung, berkarat. Kalau dalam kardus tidak boleh penyok-penyok. Perhatikan di dalam label nama produsen dan komposisinya. Ada izin edar badan POM, MD untuk makanan dalam negeri,  ML impor 12 digit," tandas Dewi.

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait