BIMTEK UKS dan kesehatan remaja di sekolah

Jakarta Pusat, -- Pada era globalisasi ini banyak tantangan bagi pelajar terutama kesehatan fisik dan jiwa. ”menghadapi berbagai tantangan yang dapat mengancam kesehatan fisik dan jiwa tersebut, sekolah memiliki peran yang sangat penting untuk menciptakan dan meningkatkan kesehatan pelajar,” kata Mangara Pardede, Walikota jakarta Pusat ketika memberikan sambutan dalam kegiatan Bimbingan Teknis UKS dan Kesehatan Remaja TK, SD, SMP SMA dan SMK Tingkat Sudin Pendidikan Wilayah II Jakarta Pusat, Kamis (10/9).

Upaya yang dilakukan sekolah, lanjut Walikota, antara lain dengan menciptakan lingkungan sekolah sehat melalui UKS. ”Program UKS ini hendaknya dilaksanakan dengan baik sehingga sekolah menjadi tempat yang dapat meningkatkan atau mempromosikan derajat kesehatan peserta didiknya,” jelas Walikota.

Menurut Walikota, kegiatan TIM pembina UKS di lingkungan sekolah meliputi beberapa kegiatan, yaitu rapat koordinasi baik di tingkat pusat, propinsi, kabupaten/kota serta TIM Pembina UKS baik dari bidang kesehatan maupun dari pendidikan nasional.

”Kegiatan selanjutnya, memberikan bantuan peningkatan kualitas kesehatan, kemudian orientasi dokter kecil untuk SD, dan kader kesehatan remaja untuk SMP dan SMA,” ujarnya.

Oleh karena itu, tegas Walikota, saya berpesan kepada peserta Bimtek UKS untuk dapat mengikuti seluruh kegiatan agenda kegiatan ini dengan sebaik-baiknya,” tegasnya.

Sementara menurut Kasudin Pendidikan Wilayah II jakarta Pusat, Mohamad Taufik Widrus, tujuan kegiatan ini adalah memberikan bekal dan bimbingan kepada guru tentang kesehatan remaja dan UKS TK, SD, SMP, SMA dan SMK.

”Diikuti 140 orang guru pembina UKS yang berasal dari Sekolah Negeri maupun Swasta, terdiri dari 11 TK, 20 SD, 20 SMP, 22SMA dan 19 SMK,” katanya.

Harapan Taufik, hasil yang diharapkan dapat meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat bagi peserta didik, membentuk prilaku masyarakat sekolah yang sehat serta meningkatnya peran serta peserta didik dalam usaha peningkatan kesehatan di sekolah serta tecioptanya lingkungan sekolah yang sehat.


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait