Baca Jakarta Dorong Minat Membaca Anak

Pertemuan Peserta Baca Jakarta, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (3/5). Foto: Ran

Jakarta Pusat, -- Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Jakarta Pusat, M. Fahmi menilai program Baca Jakarta dapat meningkatkan minat membaca pada anak.

Hal ini disampaikannya dalam pertemuan Peserta Baca Jakarta, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

Fahmi juga mengharapkan kehadiran para peserta baca Jakarta ini dapat memberikan inspirasi, dan semangat bagi anak-anak lain untuk mulai membaca sejak dini. Sebab, membaca merupakan bagian dari tradisi literasi yang tengah digencarkan pemerintah.

"Pendiri bangsa ini gemar membaca, maka sudah benar apa yang dilakukan kalian di sini. Dengan membaca kita bisa meningkatkan wawasan pengetahuan, dan keahlian," ungkapnya.

Fahmi menilai, untuk tahap awal mengajarkan anak membaca perlu kecermatan dengan memilihkan buku yang menarik untuk anak. Salah satunya dengan buku yang banyak gambarnya dibandingkan tulisan.

"Anak-anak lebih suka buku yang bergambar, sudah besar sedikit mulai gambarnya dikurangi dengan banyak tulisan, beranjak dewasa mulai tulisan semua tidak ada gambarnya," terang Fahmi.

Sementara itu, Kasudin Perpustakaan dan Arsip Meiti Lastri menerangkan, kegiatan baca Jakarta ini telah dilakukan selama 1 bulan. Di mana selama 1 bulan ini para peserta akan diberikan tugas membaca selama 30 menit. Setelah itu para peserta harus menuliskan apa yang mereka  baca.

"Dari tulisan resensi itu, akan kita nilai yang terbaik untuk tingkat kota," tandasnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait