Bank Sampah Sampai Tingkat RW   

Ilustrasi Bank Sampah. Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Jumlah volume sampah mengalami kenaikan selama Bulan Ramadan. Seperti di wilayah Kecamatan Gambir walaupun tidak mengalami tidak signifikan hanya satu persen dari 335 meter kubik sampah yang dihasilkan warga.

"Kenaikan memang ada, untuk itu kami lakukan pengelola sampah lebih dahulu lewat 3R, komposter, dan bank-bank sampah," ucap Kepala Satuan Pelaksana Sudin LH Kecamatan Gambir Kitting Katana, Senin (20/5).

Kitting menjelaskan, langkah tersebut memang dampaknya belum begitu drastis. Sebab ketiga cara tersebut baru mengurangi sampah sekitar satu truk yang akan dibuang ke TPA Bantar Gebang.

"Ke depan kami akan lebih intensif dan terus mencari cara untuk mengurangi sampah. Sebab, TPA Bantar Gebang suatu saat akan penuh," jelasnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Irwandi mengatakan, geliat penanganan sampah harus lebih masif lagi. Pemilahan dari sumber awalnya yaitu rumah tangga.

"Kami minta bank sampah aktif. Kalau bank sampah ada sampai tingkat RT/RW tentunya akan menekan volume sampah dan tidak ada kenaikan," tandasnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait