Bawah Kolong Kereta Api, Disulap Jadi Ruang Interaksi Warga Cikini

Lurah Cikini, Ati Mediana. Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Kawasan yang dulunya tak terawat kini disulap menjadi ruang interaksi untuk warga yang berada di bawah kolong rel kereta Jalan Gondangdia Lama Dalam II, Cikini, Jakarta Pusat.

"Tadinya ini kawasan kumuh. Warga kemudian manfatkan area di bawah kolong jalan layang kereta api ini sebagai ruang terbuka interaksi," ungkap Ketua RW 05 Cikini, Yusnat Dayanti, Jumat (14/6).

Dayanti menerangkan, langkah ini tak dapat tercapai tanpa bantuan jajaran kelurahan dan kecamatan. Sebab, proses perizinan pemanfaatan lahan PT Kereta Api Indonesia (KAI) dapat dipermudah.

"Saya sudah mendapatkan izin untuk pemanfaatan lahan ini berkat kerjasama dengan kelurahan dan kecamatan. Ruang interaksi ini biasanya kami pakai buat kegiatan PKK, Jumantik hingga tempat pertemuan dengan pihak kelurahan dan kecamatan," terangnya.

Menurutnya, tempat interaksi ini natinya akan dilengkapi berbagai fasilitas yang dapat dimanfaatkan warga. Di antaranya, lapangan futsal, toilet umum, meja, dan kursi hingga tempat memasak serta area parkir kendaraan.

"Nanti juga akan dibuat tempat ternak lele, gurame, dan pertanian perkotaan hidroponik. Ini merupakan terobosan baru dari kami warga Cikini dengan memanfaatkan lahan dengan berbagai kegiatan positif," ucapnya.

Sementara itu, Lurah Cikini, Ati Mediana menilai, dengan adanya tempat interaksi di kawasan kolong rel ini dapat jauh lebih tertata juga menujang estetika kota serta terjalinya kekompakan antar warga.

"Diharapkan juga warga di luar RW 05 Cikini bisa memanfaatkan ruang interaksi ini," tandasnya. (As/Stk) 

 

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait