Bayu Instruksikan Musrenbang Tingkat Kecamatan Tambah Usulan Non Fisik

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Jakarta Pusat (Jakpus), Bayu Meghantara menginstruksikan penambahan usulan non fisik pada Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan. Menyusul hasil Musrenbang Kelurahan Cideng yang hanya mengusulkan 18 usulan non fisik dibandingkan usulan fisik sebanyak 144 usulan.

Pihaknya menilai, usulan non fisik juga sangat diperlukan masyarakat, disamping usulan fisik. Apalagi melalui usulan non fisik ini dapat menciptakan keadilan sosial di lingkungan masyarakat.

 “Pembangunan fisik boleh bagus tetapi untuk menciptakan keadilan sosial masyarakat serta pembinaan mental dan karakter juga harus kita tingkatkan usulan non fisik. Kami akan mensuport nya, “ Ungkapnya saat membuka Musrenbang Kelurahan Cideng, didampinggi Kepala Suku Badan Perencanaan dan Pembangunan Kota (Kasubanpeko) Achmad Saelani, serta Camat Gambir, Fauzi, Kamis (8/1).

Bayu menambahkan, nantinya usulan masyarakat dalam Musrenbang ini akan dijadikan evaluasi program Pemerintah Kota (Pemkot) Jakpus.

"Ini akan jadi evaluasi kita dalam meningkatkan pelayanan, sejauhmana kepuasan warga terhadap pelayanan pemerintah, sehingga diharapkan dapat membahagiakan warga itu sendiri sesuai visi Gubenur DKI Jakarta, maju kotanya bahagia warganya," jelasnya.

Menanggapi hal itu, Camat Gambir, Fauzi menilai kebutuhan masyarakat tidak hanya berkaitan dengan usulan fisik saja, terapi juga non fisik. Untuk  itu, pihaknya akan menambahkan usulan non fisik pada Musrenbang tingkat kecamatan, yang akan dilaksanakan Maret mendatang.

Usulan tersebut, lanjut Fauzi, akan disampaikan secara langsung pada Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) tanpa melalui proses pembahasan. Tinggal, masyarakat yang menentukan seperti apa usulannya.

"Karena usulannya bersifat langsung, dapat langsung ditambahkan tanpa dibahas lebih dulu. Usulan ini juga tidak dimasukan ke dalam template tetapi langsung ditujukan pada instansi terkait," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Cideng, Faozi mengharapkan usulan warga Cideng dapat direalisasikan pada anggaran 2019 mendatang.

Kominfotik JP/Day/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait