Bazis Jakpus Bantu Asnah Rayakan Lebaran dengan Rumah Baru

Jakarta Pusat, -- Tangis haru dan bahagia terlihat jelas di wajah Asnah Azhari, nenek berusia 70 tahun itu tak lagi khawatir akan kondisi rumahnya yang rusak. Ia dan keluarganya dapat menjalankan ibadah puasa sekaligus merayakan hari raya Idul Fitri dengan bahagia karena bantuan bedah rumah dari Badan Amal Zakat Infaq Sodaqoh (Bazis) Jakarta Pusat (Jakpus).

Bagi nenek yang tak memiliki pekerjaan tetap ini, bantuan dari Bazis sangat berarti. Rumah berukuran 6x8 meter yang terletak di RW.07, Kelurahan Petojo Utara, Gambir, ini sudah tak terawat dimakan usia, sementara dirinya tak mampu memperbaiki. Rumah yang dihuni 3 kk dengan 11 orang ini akan diperbaiki total mulai, Rabu (16/5). Bayangan, rumah yang nyaman dan layak ditempati sudah terlintas olehnya.

“ Alhamdulillah, saya bersyukur kepada Allah SWT, doa saya dikabulkan akhirnya rumah saya yang reyot di perbaiki total oleh Bazis Jakpus. Jika tak ada program bedah rumah dari Bazis mana mungkin saya perbaiki rumah. Terima kasih pak walikota, lebaran nanti saya punya rumah baru,” ucapnya bahagia saat menyaksikan peletakan batu pertama rumahnya oleh Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede didampingi Kepala Bazis DKI Jakarta, Syahrul Wildan, Asisten Kesejahteraan Rakyat, M Fahmi, Camat Gambir, Fauzi, Rabu (16/5).

Tak hanya nenek Asnah yang berbahagia, Mangara Pardede dan jajaran pejabat yang hadir pun turut merasakan kebahagiaan yang sama. Apalagi, di Jakpus akan ada 44 rumah kaum dhuafa seperti nenek Asnah yang akan diperbaiki total tahun ini melalui program bedah rumah Bazis Jakpus. Mangara menjelaskan, program bedah rumah tahun ini lebih banyak dibanding tahun sebelumnya yang hanya dapat membedah 16 rumah warga. Kedepan pihaknya mengharapkan semakin banyak rumah yang dibedah lewat program ini.

“Mudah-mudahan sebelum Lebaran rumah ini selesai diperbaiki, sehingga Lebaran ibu Asnah memiliki rumah baru,” ungkapnya.

Ditempat yang sama, Kepala Bazis Jakpus, Jamhuri menambahkan program bedah rumah Bazis ini merupakan program unggulan. Mereka yang rumahnya terpilih dalam program bedah rumah merupakan hasil dari pengajuan para Lurah se-Jakpus.

“Untuk program bedah rumah tahun ini dana berasal dari perolehan ZIS tahun 2017, sebesar Rp 18 milyar. Sementara untuk alokasi dana perbaikan masing-masing rumah mendapatkan Rp 50 juta,” terangnya.

Lurah Petojo Utara, Amadeo menambahkan, sebelum proses bedah rumah ini pihaknya melakukan serangkaian proses seleksi dan survey lokasi untuk menentukan rumah warga mana yang akan mendapatkan bantuan bedah rumah dari Bazis.  

“Selain diusulkan warga sekitar, nenek Asnah awal tahun lalu mengajukan untuk mengikuti program bedah rumah ini. Kemudian kita akomodir, sehingga saat ini rumahnya dapat diperbaiki,” jelasnya.

 

Kominfotik JP/Day/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait