Bercocok Tanam di Bibir BKB Petamburan

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi sedang memetik kacang panjang hasil pertanian perkotaan, di bibir Banjir Kanal Barat (BKB), Petamburan, Jakarta Pusat, Jumat (3/5). Foto: pusat.jakarta.go.id

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 25 kilogram kacang panjang hasil pertanian perkotaan (urban farming) dipanen oleh Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi didampingi UKPD lainnya beserta kelompok tani di bibir Banjir Kanal Barat (BKB), Petamburan, Jakarta Pusat, Jumat (3/5).

Bukan hanya kacang panjang, di lahan seluas 2.500 meter persegi ini, para petani juga menanam tanaman lain seperti cabai, dan timun suri.

"Hari ini kami panen 25 kilogram kacang panjang. Ini setelah melalui masa panen sekitar 45 hari," ujar Andiya, salah satu petani yang tergabung dalam Kelompok Tani BKB Petamburan.

Andiya mengatakan, hasil panen kacang panjang di bantaran BKB ini biasanya akan dijual ke warga sekitar atau pasar terdekat.  "Kalau ada warga yang mau beli kita jual Rp 7.000-10.000 per kilogram," katanya.

Di tempat yang sama, Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengapresiasi kegiatan panen raya di bantaran BKB. Bercocok tanam seperti demikian dinilai perlu dikembangkan di bantaran kali lainnya.

"Hal seperti ini perlu dikembangkan secara produktif," ucapnya.

Sementara itu,  Kepala Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Jakarta Pusat, Bayu Sari Hastuti mengaku aktif melakukan pembinaan urban farming kepada kelompok tani di wilayahnya.

"Kita membina petani supaya berbudidaya tanaman yang nantinya dapat dimanfaatkan," tandasnya. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait