Buah Tin Petojo Utara

Tanaman buah tin, di RW 03 Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (27/3). Foto: As  

Jakarta Pusat, -- Buah tin merupakan buah yang berasal dari negara Arab, kemudian buah ini banyak menyebar ke negara-negara bagian Eropa, Asia dan Australia. Buah tin juga memiliki banyak sekali khasiat dan gizi apabila dikonsumsi. Karena hal itu banyak orang yang menggunakan buah tin untuk menjadi obat.

Di Indonesia, buah tin lumayan susah untuk dicari. Namun kini tak perlu susah mencarinya. Karena buah tin dengan tertata rapih berjajar di pinggir dan kanan jalan yang telah dibudidayakan warga RW 03 Petojo Utara, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (27/3).  

Ketua RT Haidir dan Ustaz sofian (warga) dengan tangan terampilnya bisa memperbanyak tanaman buah tin ini hingga Camat Gambir, Fauzi, menjadikannya sebagai tempat ‘Kampung Kota Bersama’ yang mempunyai kekhasan tersendiri dan diberi nama Kantin Gapura (Kampung Tin Gambir Petojo Utara).

Ustaz Sofian mengatakan buah tin di sini berjenis Green Jordan terasa lebih manis dan bisa berkembang dengan baik di Indonesia.

Ia juga mengungkapkan selain buah, daunnya bisa digunakan menjadi teh. “Buah tin pun diketahui baik dimakan untuk pengobatan kanker dan penyakit lainnya. Sementara daunnya dikeringkan terlebih dahulu lalu direbus berwarna seperti teh dan bisa menyembuhkan radang tenggorokan,” ungkapnya.

Ustaz Sofian menambahkan buah tin adalah tanaman buah dalam pot (tabulampot) yang menarik jika dilihat.

Sementara itu, Ketua RT 03 Petojo Utara, Haidir dengan adanya Kampung Kota Bersama sangat bagus karena bisa memberikan contoh bagi wilayah Kacamatan Gambir.

“Kita juga butuh support camat, lurah dan semua lapisan masyarakat untuk dapat membantu menjadikan kawasan ini sebagai kampung percontohan bagi seluruh wilayah Kecamatan Gambir,” tegasnya.  

 

 

Kominfotik JP/As


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait