Camat Kemayoran Pimpin Pembongkaran 268 Bangunan

Jakarta Pusat, -- Ratusan bangunan liar di Jalan Kalibaru Timur, Utan Panjang, Kemayoran, Jakarta Pusat dibongkar petugas gabungan, Senin (26/9).Penertiban bangunan semi permanen yang berada di sisi saluran penghubung (PHB) Kalibaru itu guna mengembalikan fungsi jalan.

Camat Kemayoran, Herry Purnama mengatakan, sebelum ditertibkan pihaknya telah melakukan sosialisasi dan memberikan surat peringatan kepada para pemilik bangunan. Namun masih ada beberapa pemilik bangunan yang menolak dibongkar hingga dilakukan pembongkaran hari ini.

"Sebanyak 268 bangunan berupa kios dan bangunan semi permanen yang ditertibkan," kata Herry di lokasi, Senin (26/9).

Dalam penertiban pihaknya mengerahkan 435 petugas gabungan dari Satpol PP, Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), Sudin Kebersihan, Tata Air, Bina Marga, masyarakat, TNI, dan Polri serta dua alat berat beckhole dikerahkan.

"Nanti lokasi bekas penertiban akan difungsikan kembali menjadi jalan dan saluran Phb dinormalisasi Sudin Tata Air," jelasnya.

Sementara itu, Lurah Utan Panjang Ety Kusmiyati menerangkan pedagang di lokasi itu merupakan binaan Suku Dinas Koperasi Usaha Mikro, Kecil, Menengah dan Perdagangan (KUMKMP) Jakarta Pusat. Mereka akan direlokasi ke Pasar Nangka dan lokbin Cempaka Sari, Harapan Mulya, Kemayoran.

"Pedagang binaan ada 133 dan semua telah direlokasi di dua lokasi sebelumnya melalui undian dan sisanya kios liar," tandasnya.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait