Cegah Banjir, Wakil Walikota Minta Segera Sheet Pile di Kali Krukut Benhil Dipasang

Jakarta Pusat, -- Berubah fungsinya bantaran Kali Krukut menjadi pemukiman berdampak rumah warga di RW 01, Kelurahan Bendungan Hilir  (Benhil), Tanah Abang, Jakarta Pusat kerap kebanjiran. Guna mencegah pemukiman banjir Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat berharap bantaran kali dipasang Sheet Pile oleh Dinas Tata Air DKI Jakarta.

Hal tersebut dikemukakan Wakil Walikota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara saat mengunjungi pemukiman warga, Jumat (7/10).

Dari pantauan di lokasi, Bayu yang didampingi Kepala Suku Dinas (Kasudin) Tata Air Jakarta Pusat, Dicky Suherlan meninjau kondisi kali krukut. Dalam penyisiran terlihat pemukiman warga berdiri di bantaran kali Kelurahan Benhil. Bukan hanya penyisiran di lokasi Benhil, Bayu yang didampingi beberapa Satuan Perangkat Kerja Daerah (SKPD) lainnya pun sempat menyusuri sisi seberang wilayah Benhil.

Dengan menggunakan perahu getek, wakil menyeberangi ke wilayah Kelurahan Karet Tangsin. Permasalahan di sana pun hampir sama, ada beberapa pagar bangunan yang dibangunan mendekati bantaran kali.

Menurut Bayu, sisi bantaran kali krukut di dua kelurahan tersebut memang sudah semestinya dilakukan pemasangan sheet pile.  Nantinya setelah dipasangi sheet pile akan dibuat jalan inspeksi dari Jalan Sudirman hingga Benhil.

"Kita tahu sekarang ini pak Gubernur memang tengah gencar membuat sheet pile di kali krukut," ucapnya di lokasi RW 01, Kelurahan Benhil, Tanah Abang, Jakarta Pusat, Jumat (7/10).

Sementara itu, Lurah Benhil, Agus Muharam membenarkan jika wilayah RW 01 tepatnya di RT 6,7,8,9 kerap kebanjiran. Mengenai rencana pemasangan sheet pile sejauh ini belum ada pemberitahuan akan di pasang. Namun jika memang akan dipasang, dirinya akan segera mensosialisasikan kepada warga.

"Ada 50 Kepala Keluarga (KK) yang akan ditertibkan rumahnya jika dipasang sheet pile," singkatnya.

Saat ditanya mengenai kepemilikan tanah warga apakah mempunyai surat sertifikat, Agus belum bisa menjawab. Dirinya akan mengkroscek terkait ijin bangunan warga yang berada di bantaran kali.

"Kita belum tahu apakah kepemilikan lahan tersebut. Tapi akan kita dalami terlebih dahulu," tutupnya.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait