Cegah Genangan, Bangun Tanggul di Kali Ciliwung

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Pusat Ahmad Saiful. Foto: Chr

Jakarta Pusat, -- Mengantisipasi kiriman air dari hulu yang bisa berdampak genangan, Suku Dinas Sumber Daya Air (SDA) Jakarta Pusat membangun tanggul Kali Ciliwung di dekat Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar setinggi 75 centimeter (Cm).

Kepala Suku Dinas SDA Jakarta Pusat, Ahmad Saiful mengatakan, berdasarkan evaluasi adanya genangan di kawasan Gunung Sahari, Pasar Baru, dan Kartini beberapa belakangan ini. Pihaknya telah membuat tanggul di kali Ciliwung dekat pasar baru setinggi 75 cm dari kondisi tanggul existing yang ada.

"Sudah satu minggu kita lakukan pembangunan tanggul kali Ciliwung dekat Pasar Baru sepanjangan 1 kilometer," terang Saiful saat diwawancarai di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jumat (31/1).

Dalam keterangannya, genangan yang terjadi di kawasan Gunung Sahari, Kartini, dan Pasar Baru itu disebabkan oleh luapan kali Ciliwung dekat Pasar Baru. Menurutnya, air kali Ciliwung akan meluap ketika ada kiriman.

Adanya tanggul yang sedang dibangun saat ini, Saiful yakin genangan di kawasan Gunung Sahari, Kartini, dan Pasar Baru tidak akan terjadi kembali.

"Kebutuhan peninggian tanggul memang sepanjang satu kilometer saja," terangnya.

Adapun pompa di sekitar, lanjut Saiful, semuanya dalam kondisi baik dan siap bekerja. Sedikitnya ada lima pompa kapasitas rata-rata 500 liter per detik di lokasi sekitar kali.

"Sangat optimis jika genangan di Gunung Sahari, Kartini, Pasar Baru akan hilang dengan tanggul yang sudah tinggi dan pompa yang siap bekerja," tutupnya. (As)

Kominfotik JP/Chr


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait