Cegah Kanker Rahim, Pemkot Jakpus Gelar IVA Test Gratis

Gebyar Pemeriksaan Inpeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) dan SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat, berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (14/3). Foto: Ran

Jakarta Pusat, -- Pembukaan Gebyar pemeriksaan Infeksi Visual Asam Asetat (IVA Test) dan SADANIS (Periksa Payudara Secara Klinis) Tingkat Kota Administrasi Jakarta Pusat, berlangsung di Ruang Pola Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Kamis (14/3).

Wali Kota Jakarta Pusat, Bayu Meghantara mengatakan, Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat telah melakukan pemeriksaan IVA test sejak tahun 2017 dan yang memeriksa IVA Test sebanyak 133.000 orang sedangkan tahun 2018 ada peningkatan yaitu 160.000 peserta yang ikut memeriksa.

“Saya sangat mengapresiasi kegiatan IVA Test ini sebagai upaya deteksi dini terhadap kanker leher lahir. Sebab, penyakit ini sangat berbahaya jika tidak ditanggulangi,” katanya.

Di tempat yang sama, Ketua Dharma Wanita Persatuan DKI Jakarta, Rusmiati Saefullah menyatakan, supaya hidup sehat para wanita harus rajin melakukan pemeriksaan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test agar badan tetap sehat.

“Tidak usah malu atau takut untuk melakukan pemeriksaan IVA Test sebagai upaya deteksi dini terhadap kanker leher rahim. Jika para wanita sehat maka melahirkan generasi penerus yang sehat dan kuat,” jelas Rusmiati.

Sementara itu, Ketua Dharma Wanita Jakarta Pusat, Cintya Bayu Meghantara menambahkan kegiatan ini diikuti 560 orang dengan sasaran istri dan perempuan Aparatur Sipil Negara (ASN) serta petugas cleaning service dan Keamanan Dalam (Kamdal) di lingkungan Pemkot Adm Jakpus.

“Pelaksanaan IVA Test dalam rangka memperingati hari kanker sedunia tidak dipungut biaya alias gratis,” tandas Cintya. (As/Stk)

 

 

Kominfotik JP/Day/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait