Cegah Tetanus, PPSU dan PHL Gambir Disuntik

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 450 petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU), petugas harian lepas (PHL) Tata Air, Kebersihan, dan Pertamanan Jakarta Pusat disuntik imunisasi tetanus toksoid, Selasa (27/9).

Wali Kota Jakarta Pusat, Mangara Pardede mengatakan, pemberian vaksin tetanus terhadap petugas PPSU dan PHL untuk mengantisipasi jika terkena benda tajam. Apalagi petugas tersebut langsung berhubungan dengan saluran dan di jalan.

"Tugas PPSU dan PHL sangat berat, mengandung risiko cukup tinggi. Mereka rentan terkena tetanus, maka dari itu jangan sampai ada petugas yang tidak diimunisasi," ucap Mangara, didampingi Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Yudhita Endah, Selasa (27/9).

Ia menambahkan, tetanus merupakan penyakit yang disebabkan bakteri clostridium tetani yang masuk ke dalam tubuh melalui luka yang terbuka seperti terkena paku, pisau, pecahan kaca dan lain lain. Bakteri ini akan menyerang sistem urat syaraf dan otot.

"Saya tekankan sekali lagi, semua anggota PPSU dan PHL harus diberikan Imunisasi tetanus, jangan sampai tidak. Penyakit ini fatal dan mematikan karena racunnya menyerang sistem syaraf," tegasnya.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait