DPRD Kota Malang dan Salatiga Belajar Pengelolaan Pajak dan Aset Pemda

Jakarta Pusat, -- Anggota komisi B DPRD Kota malang dan DPRD Kota salatiga belajar tentang tata cara pengelolaan keuangan, pajak dan aset daerah di wilayah Kota Adm. Jakarta Pusat. Rombongan DPRD Kota malang sebanyak 15 orang dan DPRD Kota Salatiga 10 orang  tersebut di pimpin masing-masing oleh H. Abdul Hakim dan Diah Sunarsasi melakukan kunjungan kerja ke kantor Walikota Jakpus.

“Perlu diketahui antara Malang, Solo, dan Wilayah Jakarta Pusat   sama sama Kota, sehingga kedatangan kami ke wilayah Jakarta Pusat ingin mengetahui cara penanganan aset daerah, pajak, dan pengelolaan keuangan. Karena saya lihat Jakarta Pusat cukup berhasil dalam pengamanan aset daerah, penerimaan pajak yang tinggi serta dalam pengelolaan keuangannya cukup baik, ujar Ketua Rombongan DRPD Kota Salatiga, DiahSunarsasi di ruang serbaguna Kantor Walikota, Kamis (20/10).

Menurutnya, Jakarta Pusat cukup berhasil dalam menangani pengamanan aset daerah, meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD) di bidang perpajakan serta cukup baik  dalam mengelola keuangan.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Kota (Sekko) Jakarta Pusat, Zainal menjelaskan, dalam pengamanan aset daerah pihaknya sebelumnya melakukan sosialisasi terlebih dahulu dilanjutkan inventaris, sensus, pencacahan setelah dilakukan itu semua baru diberikan barcode. Sedangkan untuk aset daerah berupa tanah menggunakan titik kordinat sehingga letak tanah tersebut langsung dapat diketahui, paparnya.

Sedangkan untuk meningkatkan PAD di bidang perpajakan, Zainal mengatakan sudah menggunakan system online serta bekerjasama dengan 13 Bank dan Kantor Pos guna mempermudah wajib pajak dalam membayar pajaknya baik itu pajak PBB serta pajak lainnya, serta system jemput bola.

Sementara itu Ketua rombongan DPRD Kota malang, Abdul Hakim menambahkan, kunjungan kerja dengan topik yang sama seakan-akan ada janjian dengan DPRD Salatiga, padahal ini tidak. Namun demikian Kami menguncapkan terima kasih kepada Pemerintah Kota Jakarta Pusat yang telah menerima kami dengan begitu hangat serta penjelasan yang begitu gamblang dan nantinya menjadi bahan kami untuk memajukan kota Malang. (Day Kominfomas JP).


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait