Damkar Jakarta Pusat Evakuasi 9 Orang yang Terjebak Lift Macet

Jakarta Pusat, -- Sebanyak 9 jemaat Tiberias terjebak dalam lift Plaza Duta Merlin, Jalan Gajah Mada No. 3-5, Kelurahan Petojo Utara, Gambir, Jakarta Pusat, Jumat (11/3) malam. Jemaat terjebak di lift selama 1 jam. lebih.

Diketahui, setelah melakukan ibadah kebaktian di Gereja Tiberias di lantai 5, para jemaat pulang dan turun menggunakan lift. Menurut salah satu korban,  Ibu Idaria, lift terasa anjlok. Dan ketika mencapai lantai 1, lift macet dan pintu lift tdak dapat dibuka.

Kepanikan pun terjadi, satu jam lebih jemaat terkurung dalam lift. Teknisi gedung berusaha membuka tapi tak berhasil. Akhirnya Alex selaku Chief Security Club Karoke memanggil petugas Sudin Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan Kota Administrasi Jakarta Pusat untuk membantu mengevakuasi korban.

Sugeng sebagai perwira piket kebakaran (101) kepada Humas Kominfo Jakarta Pusat membenarkan adanya jemaat gereja yang terjebak di dalam lift.

"Kita kerahkan 3 unit diantaranya, 2 Light Rescue Sudin dan 1 Unit Collapsible Structure. Semua jemaat selamat kok, tidak ada yang terluka. Mereka shock, oksigen di dalam lift pun menipis karena terkurung selama 1 jam lebih," ucap Sugeng, Jumat (11/3).

Sugeng menjelaskan, pihaknya berhasil membuka pintu lift dengan menggunakan sprayder hidrolik.

"Untungnya pintu lift dapat cepat dibuka. Jika pihak pengelola gedung segera menghubungi pihak kami, maka tidak akan terjadi hal seperti ini berlarut-larut” jelasnya.

Dari keterangan Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Metro Gambir, AKBP Bambang Yudanntara mengaku akan melakukan penyelidikan terkait lift tidak terbuka. Namun pihaknya hanya lakukan pemeriksaan biasa karena tidak ada korban, kemudian belum ada yang melapor dari jemaat yang terjebak.

"Kita sudah periksa beberapa saksi untuk menjelaskan masalah itu. Kita hanya periksa bersifat biasa saja," singkatnya.

Kepada Humas Kominfo, Humas Club V2 Acu menyayangkan tragedi lift tidak dapat terbuka. Ia mengatakan, saat ini ada dua lift yang sudah tidak bisa digunakan termasuk yang ada jemaat. Padahal lift tersebut baru beberapa hari diperbaiki oleh pengelola namun rusak kembali. Sedangkam lift yang satu lagi, sudah satu tahun lebih tidak dapat digunakan.

"Kita sekarang sementara tidak bisa pakai lift. Terpaksa pakai tangga darurat saja deh, semoga pengelola bisa cepat perbaiki," tutupnya. (Christ)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait