Danau Toba Bisa Terkenal Seperti Bali

Jakarta Pusat, -- Ribuan warga mengikuti Fun Walk for Wonderful Toba, di Jalan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat, Minggu (15/5). Acara tersebut dihadiri Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli, Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede. Acara ini merupakan inisiasi komunitas masyarakat batak Horas Halak Hita (H3) yang bekerja sama dengan Kementerian Pariwisata. Tujuannya untuk mendukung program pemerintah dalam membangun kawasan destinasi prioritas Danau Toba sebagai tujuan wisata kelas dunia.

Jalan sehat berlangsung pada car free day dengan rute dimulai dari Tugu Monas menuju Bundaran Hotel Indonesia dengan jarak sekira 2,4 kilometer dan berakhir kembali di Tugu Monas. Acara ini diramaikan oleh hiburan musik seni adat Batak dengan penampilan alat seni tradisional gondang dan tarian tortor.

Menurut keterangan Menteri Koordinator Perekonomian Rizal Ramli, pemerintah tak ingin hanya Bali yang dikenal sebagai tujuan pariwisata di Tanah Air. Perlu diketahui bahwa pemerintah setiap tahun menggelontorkan dana besar untuk pariwisata. "Kenapa hanya Bali yang dikenal. Masih banyak wilayah lain yang bagus," terang Rizal di sela-sela pembukaan acara "Fun Walk For Wonderful Toba" di Jakarta, Minggu.

Penyebab utama, karena selama ini tidak fokus karena anggaran pariwisata tersebut dibagi untuk 80 tujuan wisata ditambah 200 daerah tambahan. Jadinya hanya Bali yang banyak dikenal, padahal daerah wisata masih banyak yang bagus dan tidak kalah indah dibanding Bali. "Makanya untuk tahun ini, strategi kita ubah. Hanya fokus pada 10 daerah wisata. Salah satunya Danau Toba," tambah dia.

Sementara itu, Mangara Pardede putra daerah Sumatra Utara sangat senang melihat perubahan yang ada pada Danau Toba. Dalam waktu dekat, pemerintah akan membangun infrastruktur penunjang di Danau Toba. Mulai dari pembangunan jalan tol penghubung dari Bandara Kuala Namu ke Danau Toba untuk mempersingkat waktu tempuh dan pembangunan jalan lingkar di Pulau Samosir. "Dengan ada acara hari ini, semoga ini jadi titik cerah bagi danau toba," singkatnya. (Christ Kominfomas JP).


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait

  • Jumat, 16 Desember 2016

    50 Ribu Ikan Nila Ditebar di Waduk Melati

    Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat kembali menebar bibit ikan. Kali ini 50 ribu benih ikan nila ditebar di Waduk ...

  • Kamis, 14 Februari 2019

    Usulan Warga Dalam Musrenbang Agar Dikoreksi

    Kepala Suku Badan Perencanaan Pembangunan Kota Administrasi Jakarta Pusat, Ahmad Saelani mengatakan, warga Kelurahan ...

  • Senin, 27 Agustus 2018

    Saluran di Jalan Toba Diperbaiki

    Saluran di Jalan Toba Rw 03, Kelurahan Bendungan Hilir (Benhil), Kecamatan Tanah Abang, Jakarta Pusat (Jakpus) ...

  • Jumat, 25 Mei 2018

    Puluhan Miras Disita

    Jelang Ramadhan jajaran Kecamatan Tanah Abang bersama Polri, TNI tertibkan restoran dan cafe lantaran menjual minuman ...