Data Lansia Untuk KLJ Diverifikasi

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Sosial Jakarta Pusat, tengah memverifikasi data para lansia berusia 60 ke atas. Data terendah yang paling miskin (desil 1) akan dibuatkan Kartu Lansia Jakarta (KLJ).

Kasudin Sosial Jakarta Pusat, Susan Budi Susilowati mengatakan, dari hasil verifikasi data sementara per 9 Februari 2018, sebanyak 2.645 data lansia telah terverifikasi. .
Data tersebut mengacu pada Basis Data Tepadu (BDT) tahun 2015 dari Kementerian Sosial sebanyak 3.636 lansia,” ujarnya.

Lebih lanjut, Susan mengatakan, pengumpulan data dalam desil satu ini berlanjut hingga akhir Februari mendatang. Sementara, pemberian KLJ akan direalisasikan tahun ini sebesar Rp 600 ribu per bulan. Pemberian ini akan dilakukan setiap tiga bulan sekali.

“Rencana realisasinya tahun ini, sebulan bantuannya sebesar Rp 600 ribu. Sesuai dengan program Gubernur DKI Jakarta yaitu menghapuskan satu persen kemiskinan.” Ujarnya.

Susan mengaku ada beberapa kendala dalam memverifikasi data lansia yaitu NIK KTP tidak sesuai, kematian, pindah, dipindah ke panti sosial, usia belum sampai 60 tahun pada bulan Februari, dan ekonomi sudah meningkat.

“Sejauh ini, kendala itu bisa diantisipasi oleh petugas kami,” pungkasnya.

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait