Di Galur Warga Buat Sendiri Kampung Warna-Warni

Jakarta Pusat, -- Berawal dari kepedulian warga terhadap lingkungan yang nyaman, asri dan indah. Warga RT 1, 2, 3 Kelurahan Galur, Jakarta Pusat (Jakpus) mendekorasi sendiri lingkungan tempat tinggal mereka dengan berbagai macam gambar yang berwarna-warni.

Seratus meter tembok jalan dan 50 rumah warga menjadi media berkarya para warga Galur. Ditangan kreatif para warga, lingkungan yang sebelumnya cukup padat ini menjadi menarik. Gambar-gambar berupa garis-garis, rangkaian kubus, jalinan batu, hingga rangkaian bunga yang dibentuk seperti partitur musik menghiasi wilayah itu. Warna-warna cerah seperti biru, kuning, hijau, merah muda akan memanjakan mata yang melihatnya. 

Tak hanya itu, deretan pemukiman berwarna-warni ini pun didukung dengan aneka penghijauan.  Melalui penghijauan ini tentunya menambah cantik balutan gambar yang terpampang di sepanjang jalan. 

Lurah Galur, Fajar Laksono menjelaskan kampung warna-warni yang diinisiasi warga Galur ini sudah ada sejak satu tahun lalu. Saat itu, salah satu ketua RT 02, mengerakan warganya bersama-sama menggambar lingkungan. 

"Apa yang dilakukan warga ini sejalan dengan program kampung warna-warni Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Hanya saja, kita sudah lebih dulu membuatnya, sebelum program ini ada," ungkapnya Selasa, (10/4)

Kedepan, 3 kelurahan ini akan masuk dalam program kampung warna-warni untuk wilayah Jakarta Pusat. Bahkan, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan mengunjunggi kampung tersebut. 

Fajar menjelaskan, untuk mendukung keperluan warga selama proses menggambar ini, pihaknya memberikan fasilitas berupa cat dan berbagai keperluan lainnya. 

"Bantuan yang kita berikan bukan dari APBD, tetapi bantuan pribadi," jalasnya. 

Kominfotik JP/NEL 

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait