Festival Pasar Baru, Gelar Lomba Dayung

Festival Pasar Baru Gelar lomba dayung, Jalan Antara, Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7). Foto: Christ

Jakarta Pusat, -- Antusias pengunjung dalam menyaksikan pagelaran Festival Pasar Baru sangat tinggi. Hal ini terlihat dari padatnya Jalan Antara, Kelurahan Pasar Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat, Sabtu (13/7).

Pada hari pertama penyelenggaraan, masyarakat terlihat silih berganti mendatangi stan-stan yang ada di festival tersebut.  Beragam stan dihadirkan, mulai aneka kuliner, seperti takoyaki, mie jamur, soto mangkuto, sampai jajanan khas semacam dodol betawi, dan kerak telor.

Bukan hanya itu, pagelaran lomba dayung yang dilakukan warga dari delapan kecamatan se-Jakarta Pusat turut memeriahkannya. 

Wakil Wali Kota Jakarta Pusat, Irwandi mengatakan, Pasar Baru sangat memiliki nilai sejarah tentunya harus terus dilestarikan. 

Festival Pasar Baru ini, lanjutnya, dilakukan untuk menarik warga berwisata belajar dan mengenang memori perjalanan panjang kawasan tersebut.

"Saat ini zaman perekonomian di Pasar Baru semakin mengalami penurunan. Makanya, kami akan mencoba mengembalikan kejayaan Pasar tersebut seperti sedia kala. Apalagi masih banyak toko-toko yang bersejarah masih berjualan hingga saat ini," ucapnya, usai membuka Festival Pasar Baru.

Di tempat yang sama, Kepala Sudin Pariwisata dan Kebudayaan, Sonti Pangaribuan mengatakan, kegiatan Festival Pasar Baru akan berlangsung mulai dari 13 sampai 14 Juli mulai pukul 08.00-20.00 WIB.  

Festival Pasar Baru, ungkap Sonti, menampilkan pertunjukan kesenian Betawi dan menghadirkan deretan kuliner khas Jakarta. Tak hanya itu, komunitas pelukis Pasar Baru pun turut dilibatkan untuk memamerkan karyanya.

"Kita libatkan industri wisata dan menghidupkan kembali wisata belanja kawasan Pasar Baru.  Pasalnya kawasan Pasar Baru sangat berkaitan era dengan sejarah Jakarta yang masih aktif hingga saat ini," tandasnya.

Jajaran Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat hadir, seperti Sekretaris Kota Jakpus, Asisten Pemerintahan, Asisten Ekonomi dan Pembangunan, Camat Sawah Besar dan para lurah, serta polisi dan TNI. (As/Stk)

 

 

 

Kominfotik JP/Christ


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait