Final Abang-None Buku DigelarĀ 

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas Perpustakaan dan Arsip Jakarta Pusat (Jakpus) mengelar final pemilihan Abang None (Abnon) Buku Jakpus 2018. Ajang pemilihan ini digelar untuk meningkatkan minat baca masyarakat khususnya di wilayah Jakpus.

Pelaksana Harian (Plh) Wali Kota Jakpus, Premi Lasari mengungkapkan, dengan terpilihnya Abnon Buku 2018 ini diharapkan dapat meningkatkan minat membaca di wilayah Jakpus, sekaligus meningkatkan angka kunjungan masyarakat ke perpustakaan daerah. Sebab, selama ini generasi muda lebih tertarik bermain gadget dan game dibanding membaca buku.

“Diharapkan para finalis Abnon Buku 2018 dapat menjadi agen literasi yang mampu mendorong minat dan budaya membaca pada generasi muda dan masyarakat umum,” ungkapnya disela-sela acara, Selasa (14/8)

Pihaknya juga berpesan bagi para finalis yang belum terpilih sebagai juara dalam ajang pemilihan Abnon Buku 2018 jangan berkecil hati. Sebab pengalaman menjadi finalis merupakan hal yang tak ternilai.

“Selamat pada para juara, semoga dapat mengemban amanah dengan baik, yang belum juara percayalah tidak ada yang lebih berarti dari pengalaman,” tandasnya.

Ditempat yang sama, Kasudin Perpustakaan dan Arsip Jakpus, Meiti menerangkan para finalis ajang pemilihan Abnon Buku ini telah melalui serangkain seleksi. Dari 300 orang yang mendaftar dari dua jenis kategori sekolah dan domisili, hanya 172 orang yang memenuhi syarat. Dari jumlah itu diseleksi bertahap hingga menyisihkan 15 pasang finalis, yang kemudian memperebutkan 5 juara.

Pihaknya menjelaskan, sejak awal tujuan diadakannya pemilihan ini untuk menemukan duta baca, sehingga dari awal seleksi para finalis dituntut memiliki wawasan yang luas dan mampu menularkan gemar membaca pada generasi muda.

“Ditahap awal kita tantang mereka membuat resensi buku, dari situ terlihat mana finalis yang benar-benar gemar membaca, dan yang hanya sekedar membaca,” jelasnya.

Selama masa karantina, lanjut Meiti, para finalis dibekali berbagai materi seperti mengenai public speaking, kepribadian, kepustakaan, dan bagaimana mempromosikan budaya membaca di kalangan generasi muda.

“Setelah ini mereka akan kita sebar ke sekolah-sekolah, Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) untuk mengedukasi generasi muda akan pentingnya membaca,” tandasnya.

Dari informasi yang dihimpun, dari 15 pasang finalis terpilih 5 pemenang dengan rincian sebagai berikut;  

-Juara 1 abang   : Rafli Alfazri ( SMA Islam Said Naum)

- Juara 1 None    : Shafira ( Univ. Indonesia)

-Juara 2 abang   : Ibrahim Sultan ( SMKN 1 Jakarta)

- Juara 2 none     : Neva Humairah ( SMKN 27 Jakarta )

-Juara 3 abang   : Ahmad Munajir ( LIPIA Jakarta)

- Juara 3 none     : Kathleen Rachel ( SMAK 2 Penabur)

-Harapan 1 abang       : Nurrul Fikri ( UNJ )

-Harapan 1 none          : Farah Al Azhar ( UNJ )

- Harapan 2 abang      : Al Azhar ( SMAN 4 Jakarta )

- Harapan 2 none        : Salsabila Al Kathiry ( Univ Padjajaran )

 

 

Kominfotik JP/Day/NEL

 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait