Flying Fox di Mobil Damkar

Jakarta Pusat, -- Sisil (8) dan dua temannya terlihat antusias, ia terus menarik-narik temannya agar cepat sampai ke Mobil Pemadam Kebakaran (Damkar) yang berada di area Hari Bebas Kendaraan Bermotor (HBKB), di Jalan Suryapranoto, Minggu (21/5). 

Hari ini mobil Damkar yang biasa digunakan untuk memadamkan api, disulap menjadi arena permainan anak Flying Fox. Bahkan setiap anak yang hendak menjajal permainan dengan tinggi 5 meter itu, harus mengunakan atribut pemadam lengkap yang sudah disiapkan Sudin Penangulangan Kebakaran dan Penyelamatan Jakarta Pusat (Jakpus). 

"Nggak sabar pengen naik, ini udah pakai atribut lengkap pemadam. Nanti sekalian mau foto juga," antusias Sisil bersama temannya. 

Untuk terjun ke bawah dengan permainan Flying Fox ini anak -anak harus menaiki tangga mobil damkar hingga ke atas mobil, disana sudah ada 3 petugas Damkar yang menunggu. Petugas  akan memasangkan berbagai perlengkapan terjun seperti kail, tali, dan helem. Usai memastikan semua perlengkapan aman, barulah anak bisa terjun. Sementara di bawah sudah menunggu dua petugas untuk melakukan penjagaan saat peluncuran.

Kasie Ops Sudin Penangulangan Kebakaran dan penyelamatan Jakpus, Muchtar Zakaria menerangkan konsep merubah mobil Damkar menjadi arena Flying Fox ini merupakan ide bersama dirinya dan jajarannya untuk memberikan kontribusi, inovasi, sekaligus sosialisasi terhadap anak-anak mengenai profesi Pemadam Kebakaran. 

"Kami ingin di acara HBKB ini ada wahana permainan anak. Makanya dibuatlah ide ini, dan ternyata respon anak-anak sangat baik," terangnya di lokasi  

Kedepan, pihaknya akan memberikan berbagai inovasi lagi wahana permainan anak dari berbagai peralatan Damkar. Hal ini dikakukan guna mengenalkan pada anak sejak dini cara mencegah dan menanggulangi kebakaran. 

"Nanti di HBKB berikutnya kita akan pasang dua Flying Fox, biar semakin banyak yang naik," tandasnya. 

Kominfotik JP/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait