Gang Hijau di Cempaka Putih Timur Diresmikan

Jakarta Pusat, -- Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno meresmikan Gang Hijau, di Kelurahan Cempaka Putih Timur, Jakarta Pusat (Jakpus), Kamis (28/12).

Dalam kesempatan itu, Sandi menginginkan warga memanfaatkan lahan pertanian urban yang merupakan hasil kerja warga, dibantu oleh Dinas Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) DKI bersama Bank DKI. Selain itu, pihaknya mengharapkan hasil pertanian tersebut dapat meningkatkan perekonomian warga.

"Saya memastikan, bahwa setiap Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) wajib membeli, kalau ada surplus dari pertanian kita ini. Jadi, PD Pasar Jaya beli. Sehingga mereka tidak merasa, kalau tidak dikonsumsi sendiri akan terbuang," ungkapnya didampinggi Wali Kota Jakpus, Mangara Pardede.

Pihaknya menambahkan, hingga saat ini, sudah ada 15 titik pertanian urban yang ada di seluruh Jakarta. Jumlah ini, masih tergolong awal dari 150 titik pertanian urban yang ingin didorong oleh Pemprov DKI.

"Saya dorong pemanfaatan lahan-lahan tak produktif, kantor pemerintahan juga kita dorong,termasuk lahan kosong di Sudirman-Thamrin kita kasih insentif jadi ruang hijau," tambahnya.

Dari pantauan di lapangan, gang hijau sepanjang 50 meter tersebut nampak nyaman dan asri, apalagi di sisi kiri dan kanan gang tersebut dipenuhi pohon anggur.  Bahkan, Sandi pun tak ingin melewatkan kesempatan memetik anggur secara langsung disela-sela peresmian. Ia terlihat menaiki anak tangga untuk memetik anggur berwarna unggu, hal yang sama juga dilakukan  Mangara Pardede. Para warga pun sempat meminta agar Sandi mencicipi anggur yang telah dipetiknya, namun sayang dia tidak bisa memakan anggur tersebut lantaran tengah berpuasa sunah Senin-Kamis.  Selain anggur, warga gang hijau tengah mencoba mengembangkan jenis tanaman lainnya seperti labu, kangkung, cabai, kailan, dan sawi.

 

Kominfotik JP/Chs/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait