Irwandi Minta SKPD Arahkan Calon Pengantin Periksa Kesehatan

Pertemuan petugas lintas program dan lintas sektor dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan reproduksi Calon Pengantin (Catin) di Ruang Serbaguna Besar, Kamis (14/3). Foto: Zak

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Jakarta Pusat Irwandi meminta Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) terkait untuk terus mengarahkan calon pengantin memeriksakan kesehatan mereka sebelum melakukan pernikahan.

Menurutnya, kesehatan calon pengantin sangat berpengaruh pada kelangsungan rumah tangga masing-masing calon pengantin.

“Pemeriksaan kesehatan ini dalam rangka memastikan kesehatan pasangan sehingga bisa menghasilkan keturunan yang sehat. Ini bisa jadi deteksi awal, jangan sampai setelah menikah justru baru terdeteksi pasangannya tidak sehat, dan berakhir dengan perceraian,” ungkapnya, saat membuka Pertemuan petugas lintas program dan lintas sektor dalam pelaksanaan pelayanan kesehatan reproduksi Calon Pengantin (Catin) di Ruang Serbaguna Besar, Kamis (14/3).

Sementara itu Kasudin Kesehatan Jakarta Pusat, Erizon menerangkan pemeriksaan kesehatan bagi calon pengantin dapat dilakukan melalui Puskesmas yang ada di kelurahan maupun kecamatan.

Pemeriksaan ini, kata Erizon, meliputi screening HIV, Vaksinasi Tetanus, Anemia, konseling penyakit bagi yang terindikasi HIV.

“Jadi bagi pasangan yang terjangkit HIV bukan berarti tidak layak menikah, kita akan damping mereka karena resiko penularan pada anak saat mengandung,” tandasnya. (As/Stk)


 

 

Kominfotik JP/NEL 


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait