Jakarta Pusat Akan Menambah Urban Farming

Jakarta Pusat, -- Suku Dinas  Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian Jakarta Pusat akan menambah titik lokasi pertanian perkotaan (Urban Farming). Urban Farming merupakan salah satu program unggulan Pemerintah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Menurut Ka.Sie Ketahanan Pangan dan Pertanian Sudin KPKP Jakarta Pusat, Sunarto,   tahun 2018 pertanian perkotaan (Urban Farming) di wilayah Jakarta Pusat sebanyak 46 lokasi terdiri dari 30 lokasi merupakan urban farming baru dan 16 lokasi pemeliharaan yaitu urban farming yang dibangun tahun 2017.

Program urban farming di wilayah Jakarta Pusat lebih di kenal Gang Hijau, yang merupakan gang yang tadinya gersang menjadi hijau dengan berbagai tanaman, Jelas Sunarto saat meninjau lokasi persiapan kegiatan pertanian perkotaan (urban farming) di Rw 01 dan Rw.03 Kel.Cikini, Menteng, Jakarta Pusat, Jum’at (3/8).

Sunarto mengatakan, pihak kelurahan Cikini dalam program urban farming mengusulkan 10 titik lokasi  yang meliputi  dua RW yaitu RW.01 dan 02. Dari 10 titik lokasi yang diajukan nantinya akan diseleksi menjadi empat sampai lima lokasi dengan memenuhi syarat teknis maupun keterlibatan masyarakat, ujarnya.

Bagi kelurahan yang mengajukan urban farming dan memenuhi syarat nantinya akan diberikan sarana produksi, bibit tanaman, pupuk, rak tanaman, tanaman obat keluarga, pot plastic, media tanaman serta bibit sayuran, papar Sunarto.

Lurah Cikini, Ati Mediana menambahkan, untuk menghijaukan gang-gang di wilayah Cikini pihaknya akan menambah 10 titik lokasi urban farming yaitu Rw.01 dan 03. Karena urban Farming merupakan program unggulan wilayah Jakarta Pusat, ungkapnya.

Dari 10 titik lokasi urban farming yang diajukan nantinya akan diseleksi lagi oleh Sudin KPKP Jakarta Pusat, “ Yah mudah-mudahan aja 10 titik lokasi yang diajukan semua masuk dalam kegiatan urban farming tahun 2018 “ ujar Ati.

Saat ini urban farming di wilayah Cikini ada dua titik lokasi di Rt.013/01 yang dikelolah oleh tokoh masyarakat setempat yaitu Hendra Kurnia. Hasilnya cukup memuaskan dan akan dikembangkan di lingkungan sekitarnya, jelas Ati.

Ati mengharapkan, kiranya Sudin KPKP Jakarta Pusat dapat menyetujui usulan program urban farming di wilayahnya, karena program ini menjadi lingkungan hijau, bersih dan nyaman sekaligus untuk melestarikan lingkungan serta mampu menyediakan sumber pangan keluarga, tambahnya.


Kominfotik JP/Day


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait