Jakpus Kampanyekan Imunisasi Rubella

Jakarta Pusat, -- Menjelang imunisasi nasional campak dan Measles Rubella (MR), Sudin Kesehatan Jakarta Pusat (Jakpus) telah berkordinasi dengan sejumlah Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) untuk persiapan imunisasi nasional campak dan rubella Agustus hingga September mendatang.

Kasudin Kesehatan Jakpus Yudhita Endah menerangkan, telah berkordiasi dengan Kasudin Pendidkan 1 dan 2 Jakpus untuk mensosialisasikan kampanye imunisasi campak dan rubella ke sekolah-sekolah yang akan menjadi sasaran imunisasi campak dan rubella tersebut. Menurutnya, sosialisasi ini penting dilakukan agar para orang tua murid memahami pentingnya imunisasi campak dan rubella.

“Kita memang sudah jauh-jauh hari menyebarkan infomasi ke sekolah-sekolah agar orang tua murid mengetahui pentingnya imunisiasi ini dan mempersiapkan anaknya untuk diberikan imunisasi MR,” ungkapnya.

Selain melakukan sosialisasi ke sekolah-sekolah yang ada di wilayah Jakpus, pihaknya juga melakukan sosialisasi imunisasi ini kepada anak-anak yang ada di panti sosial, dan panti asuhan. Dimana anak-anak di panti ini juga turut menjadi sasaran imunisasi nasional rubella. Anak-anak yang menjadi sasaran dalam imunisasi ini usia 9 bulan-15 tahun.

“Kampanye ini sedang berjakan lintas sektor karena nantinya akan dilakukan di sekolah dan Fasilitas Pelayanan Kesehatan (Fasyankes) se-Jakarta pusat. Semua biaya untuk vaksin ini gratis bila dikakukan di sekolah, Fasyankes milik pemerintah,” jelasnya.

Untuk melakukan imuniasi MR nasional ini pihaknya telah menyiapkan 25.196 botol vaksin untuk seluruh wilayah Jakpus. Selain itu, sejumlah RS rujukan juga telah ditentukan bagi anak yang mengalami kejadian ikutan pasca imunisasi. Diantaranya Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kecamatan Kemayoran, RSUD Kecamatan Cempaka Putih, RSUD Kecamatan Tanah Abang, RSUD Kecamatan Johar Baru, RSUD Kecamatan Sawah Besar.

"Nanti 3 Agustus mendatang pencanangan kampanye imunisasi rubella, 5 wilayah akan bergerak bersama-sama termasuk Jakarta Pusat," tandasnya.

 

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait