Jaring Wirausaha Baru, Dinas PE Adakan Pelatihan Wirausaha

Jakarta Pusat, -- Guna menjaring wirausaha baru di DKI Jakarta sesuai dengan program kerja Pemprov DKI Jakarta, Dinas Perindustrian dan Energi (PE) DKI Jakarta akan mengadakan pelatihan wirausaha tahun depan.

Kepala Bidang Perindustrian  Elisabeth Ratu Rante Allo menerangkan, pelatihan wirausaha ini bertujuan untuk meningkatkan perekonomian masyarakat terutama di sektor Industri Kecil Menengah (IKM), serta meningkatkan taraf hidup masyarakat.

"Untuk peserta pelatihan ini merupakan para pelaku industri di kecamatan yang telah memiliki produk. Masing-masing kecamatan mengirimkan 150 peserta," ungkapnya.

Pihaknya menerangkan, pelatihan ini akan dilakukan bertahap, tahap pertama akan dilakukan 2 hari berupa teori dan praktek. Setelah itu, akan dilihat perkembangannya selama satu bulan untuk evaluasi. Setelah proses evaluasi selesai, barulah pelatihan lanjutan akan diberikan selama 2 hari.

"Jadi nanti akan kita monitoring, apakah yang sudah kami berikan dalam pelatihan ini diterapkan dalam usaha mereka. Kemudian apa kendala mereka nanti akan kita tampung," jelasnya.

Selain berupa pelatihan, Dinas PE DKI Jakarta juga akan memberikan fasilitas berupa pengembangan usaha melalui kemasan produk, sertifikasi halal untuk produk makanan dan minuman, serta hak cipta merek dagang melalui Hak Kekayaan Intelektual (HAKI).

"Kemasan itu, merupakan hal yang penting dalam nemasarkan produk. Bagaimana produk itu diterima pasar itu ditentukan kemasan yang menarik. Kita akan fasilitasi, kita punya tenaga ahli desain untuk kemasan ini bagi industri yang belum memiliki kemasan produk," paparnya.

Kominfotik JP/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait