Jelang Musim Hujan Pompa Air di Jakpus Prima

Jakarta Pusat, -- Memasuki musim penghujan yang diprediksi Februari mendatang, Suku Dinas Sumber Daya Air Jakarta Pusat memastikan sebanyak 56 unit pompa stasioner yang tersebar di 15 rumah pompa dalam keadaan prima. 

Kepala Suku Dinas (Kasudin) Sumber Daya Air Dicky Suherlan didampingi Kepala Seksi Pemeliharaan Sumber Daya Air Jakarta Pusat, Boris Korlap Lumbanggaol mengatakan, ke 56 unit pompa stasioner itu memiliki daya sedot bervariasi mulai 250, 500, dan 1.000 liter per detik. Bahkan, lanjut Dicky dua unit pompa mobile dengan daya sedot 60 liter per detik yang ada di Jakarta Pusat juga dalam kondisi baik.

"Memasuki musim hujan ini kita memastikan kondisi pompa harus prima. Ada rusak langsung diperbaiki, untuk pemeliharaan sistemnya sudah ATPM, karena itu sangat vital," kata Dicky, Senin (30/1).

Dicky juga menambahkan, ketersediaan solar untuk genset juga mencukupi, begitu juga dengan operator yang selalu siaga.

"Kami terus kerja, untuk pemeliharaan dan penanganan. Seandainya ada kerusakan mesin yang umumnya karena sampah yang masuk ke baling-baling atau masalah yang baru atau hal-hal di luar dugaan kita akan segera tangani," tegasnya.

Selain kesiapan mesin pompa, Satuan Tugas (Satgas) Sudin Sumber Daya Air di lapangan juga terus melakukan pengurasan lumpur di saluran-saluran PHB yang mengalami pendangkalan disebabkan sedimentasi.

"On progress, banyak pengerjaan. Karakter dari Jakpus kondisi drainase seperti PHB dan saluran mikro itu dalam kondisi dominan sulit untuk dijangkau dengan alat berat. Jalannya kecil, banyak inrit buatan warga. Makanya, rata-rata dilakukan secara manual," terangnya.

Kominfotik Cds-Nel


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait