Jelang Natal, Tahun Baru Walikota Sidak Supermarket

Jakarta Pusat, -- Jelang perayaan Natal dan pesta Tahun Baru 2018, pemkot Jakarta Pusat melakukan inspeksi ke sejumlah supermarket. Mereka menyasar produk makanan dari tumbuhan, hewan dan ikan yang mengandung bahan pengawet.

Kegiatan razia bahan pangan dipimpin langsung Wali Kota Jakarta Pusat Mangara Pardede. Tingginya permintaan untuk tiga bahan pangan itu membuat pemkot harus mewaspadai. Tanpa pengawasan, peluang untuk masuknya bahan pangan berpengawet terbuka lebar.

"Hasilnya, masih kita temukan produk pangan tidak layak konsumsi," ucapnya, Kamis (21/12).

Mangara mengatakan, kelayakan tidak hanya di ukur dari kualitas daging bahan pangan. Tetapi juga dari kemasan luar. Hasil pemeriksaan masih ada banyak temuan makanan yang tidak layak konsumsi.

"Kemasan yang rusak, masa kadaluarsa juga melewati batas," katanya.

Dia menegaskan, mereka tak memberi toleransi. Makanan yang di temukan tidak layak di ritel itu langsung di sita. Sementara, managemen ritel di tegur secara lisan agar lebih ketat menyeleksi bahan pangan yang masuk.

"Seluruh makanan yang tidak layak tersebut langsung di musnahkan," ujarnya.

Dia mengatakan, pengujian dilakukan langsung di lapangan. Sebab, mereka menggandeng BPOM dengan peralatannya pada razia itu. Dari hasil uji tersebut mereka langsung bisa mengetahui hasilnya.

"Kami akan rapatkan lagi langkah apa yang akan kita lakukan," jelasnya.

Dia menegaskan, tak akan menghentikan pemeriksaan. Saat natal juga petugas akan turun ke ritel-ritel untuk memeriksa lagi. Tingginya permintaan terhadap produk pangan dari tumbuhan, peternakan dan ikan sejatinya tak membuat pelaku usaha menerima saja produk pangan yang tidak layak konsumsi.

"Pada hari raya kita periksa karena daya konsumsi cukup tinggi," ujarnya.

(Kominfotik JP Christ)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait