Jelang Pilgub Putaran Kedua Plt Gubernur DKI Kunjungi Rutan Salemba

Jakarta Pusat, -- Jelang Pemilihan Gubernur (Pilgub) putaran kedua, Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI Jakarta Sony Sumarsono mengunjungi Rumah Tahanan (Rutan) Salemba. Dalam kunjungannya, Sumarsono meminta data kependudukan penghuni rutan harus diperbaiki agar dapat mengunakan hak suaranya dalam Pilgub nanti.

Menurutnya, perbaikan data kependudukan ini digunakan untuk mempermudah penetapan Daftar Pemilihan Tetap (DPT). Sebab pihaknya sempat menemukan

perbedaan data yang cukup signifikan antara penghuni lapas dan rutan dengan DPT.

"Tidak semua penghuni lapas dan rutan adalah penduduk Jakarta. Sistem yang ada saat ini menyulitkan KPUD Jakarta untuk memverifikasi dpt," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kemenkumham Jakarta, Endang Sudirman mengatakan bahwa proses penerimaan penghuni lapas dan rutan hanya sekedar nama atau alias saja dan tidak ada berkas kependudukan lain termasuk KTP. Menurutnya, Kakanwil Kemenkumham memberikan data usulan penghuni lapas dan rutan kepada KPUD Jakarta untuk diverifikasi sebanyak 10.746.Tetapi hanya 7.471 penghuni lapas yang terverifikasi dapat dimasukkan dalam DPT putaran kedua Pilkada Jakarta.

"Lapas dan rutan hanya menerima nama saja, tidak ada KTP atau data kependudukan yang lain. Semuanya keputusan pengadilan dan lapas dan rutan tidak punya kewenangan untuk transfer data kependudukan," tegasnya.

 

 

Kominfotik JP


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait