Jual Makanan Tidak Layak, Supermarket Terancam Ditutup

Jakarta Pusat, -- Puluhan kilogram ikan dan telur busuk dijual di dua supermarket ternama di kawasan Gambir dan Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (8/11). Temuan itu, didapat saat petugas gabungan dari Pemkot Jakarta Pusat saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kelayakan pangan di sejumlah supermarket.

Dipimpin langsung Walikota Jakarta Pusat, Mangara Pardede tersebut, awalnya menyasar supermarket yang ada di kawasan Gambir. Petugas mendapati puluhan ikan dan daging yang disimpan di lemari pendingin ditemukan dengan kondisi tidak layak kunsumsi.

Lokasi kedua di kawasan Kemayoran, selain daging sapi olahan, petugas juga menemukan puluhan telur ayam dengan berat sekitar 28 Kg dengan kondisi busuk. Di supermarket tersebut, barang-barang busuk itu dijual dan ditempatkan dengan makanan layak konsumsi hingga pembeli tidak mengetahui.

"Heran kami liat kenapa pihak pengelola menjual ikan busuk dan daging. Itu bahan makanan sudah jelas - jelas tidak layak konsumsi. Ini sangat merugikan konsumen terlebih kesehatan yang mengkonsumsi," tegas Mangara.

Ia pun, memerintahkan petugas untuk menyita dan memusnahkan ikan serta daging busuk itu. Selain memerintahkan petugas menyita dan memusnahkan makanan tersebut, Ia meminta petugas dari Sudin Kelautan Pertanian dan Ketahanan Pangan (KPKP) melakukan pengawasan ketat. Terlebih saat menjelang natal dan tahun baru seperti ini dimana tingkat masyarakat untuk mengkonsumsi seperti ikan, daging dan telor meningkat.

"Kalau memang pengelola masih bandel juga, petugas harus berani mencabut ijin hingga tutup tempat usahanya,” ucap Mangara.

Sementara itu, Kepala Seksi Peternakan Sudin KPKP Jakarta Pusat, Hasudungan, menambahkan sajauh ini pihaknya baru memberikan sanksi teguran kepada pengelola supermarket.

“Nanti bulan depan akan kita periksa kembali, kalau masih tidak ada perbaikan baru kita berikan sanksi lebih berat,” tegasnya.

(Christ Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait