Jumantik Cilik Jumling di Tanah Tinggi

Jakarta Pusat, -- Wakil Wali Kota Bayu Meghantara mengapresiasi aksi para Juru Pemantau Jentik (Jumantik) cilik dari SDN Paskalis dan SDN 03 pagi Tanah Tinggi.

"Saya mengapresiasi para anak-anak yang ikut serta dalam Jumat Keliling (Jumling) di RW 05, Tanah Tinggi kali ini," katanya, Jumat (23/2) pagi.

Bayu menambahkan, pendidikan kesehatan memang harus dimulai sejak dini untuk itu masing-masing rumah diutus dua anak untuk memeriksa apakah ada jentik nyamuk di rumah warga.

"Walaupun musim hujan namun anak-anak tidak menemukan jentik nyamuk di rumah warga," ungkapnya.

Bayu melihat anak-anak tadi langsung melihat jentik menggunakan senter dengan sangat teliti. Lalu ia bertanya kepada anak-anak itu. "Kamu tau tidak kenapa kamu bawa senter?" Anak-anak menjawab "Untuk melihat jentik pak".

Pak wakil lalu bertanya lagi.
"Berapa lama itu dilakukan?".
"20 detik pak, jentik itu pasti akan naik keatas karena butuh bernafas mencari udara," jawab tegas anak-anak.

Semoga, lanjut Bayu, hal seperti ini akan terus berkelanjutan. Pendidikan tidak harus secara formal. Tetapi, pendidikan perlu juga melakukannya dengan suatu tindakan nyata.

Hadir pula dalam Jumling, Sekertaris Kota, Iqbal Abarudin, Asisten Perekonomian Pembangunan, Bakwan Ginting, Asisten Pemerintahan, Budiroso,  dan Camat Johar Baru, Abdul Choir.

Kominfotik JP/Asp/NEL


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait