Kerja Bakti Bersihkan Kampung Bali

Jakarta Pusat, -- Dalam meningkatkan kebersihan lingkungan, Pemerintah Kota Jakarta Pusat melakukan kerja bakti di Kampung Bali KecamatanTanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu pagi (3/4).

Sebelum memulai giat kerja bakti, 300 peserta yang terdiri dari aparatur daerah, Petugas Penanganan Sarana dan Prasarana Umum (PPSU), TNI dan warga sekitar melakukan apel kesiapan. Apel dipimpin Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup Pemkot Jakarta Pusat, Wendry didampingi Kabag Umum dan Protokol, Bakwan Ginting, Camat Tanah Abang, Hidayattullah, Kasudin KPKP.

Dari pantauan di lapangan, setelah apel semua petugas mulai bergerak lakukan penyisiran untuk membersihkan sampah. Pemungutan sampah dilakukan di RW 7 dan RW 8 mulai dari sampah di jalan hingga ke dalam gorong-gorong tidak luput dibersihkan petugas. Sampah - sampah dimasukkan ke kantong plastik berukuran besar dan kemudian dimasukkan ke truk sampah.

Kegiatan kerja bakti itu, bukan hanya membersihkan sampah. Namun penopingan pohon-pohon jenis angsana dipangkas agar terlihat tapih dan tidak menutupi kabel listrik. Petugas PPSU dan Pekerja Harian Lepas (PHL) Suku Dinas (Sudin) Pertamanan dan Pemakaman Jakarta Pusat menoping menggunakan gergaji mesin dan golok.

Asisten Pembangunan dan Lingkungan Hidup, Wendry dalam arahannya pada apel persiapan kerja bakti, meminta kepada semua petugas agar mempersiapkan diri sebelum lakukan kerja bakti, dan berhati-hati jika membersihkan gorong-gorong, karena saluran air di Jakarta banyak terdapat kabel-kabel.

"Siapkan tespen, sebelum masuk gorong-gorong atau saluran check dulu apakah ada daya listriknya atau tidak. Itu semua demi keselamatan, karena kita tahu saluran air terkadang ada kabel PLN, Fiber Optik," jelas Wendry  pada pengarahan apel kerja bakti, Minggu pagi (3/4).

Sementara itu, Camat Tanah Abang, Hidayatullah mengatakan kegiatan kerja bakti memang harus terus dilakukan. Kegiatan saat ini diikuti 7 Kelurahan, diantaranya Petamburan, Karet Tengsin, Gelora, Benhil, Kebon Melati, Kebon Kacang, dan Kampung Bali..

"Sasaran kita, bersihkan gorong-gorong, penopingan pohon dan pembongkaran bangunan jika ada yang kedapatan berdiri di atas saluran air. Saya juga sudah perintah Lurah untuk bongkar bangunan yang ada di atas saluran," tutup Camat (Christ, Kominfomas JP)


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait