Lomba Menghias Gapura, Utan Panjang Masuk Mewakili Jakarta Pusat

Jakarta Pusat, -- Kelurahan Utan Panjang masuk ke tingkat Provinsi DKI Jakarta mewakili Jakarta Pusat pada lomba menghias gapura.  Lomba gapura ini sinergi kerjasama antara Kominfo, Kemendagri, dan Panitia Asian Games (INASGOC)

Lurah Utan Panjang, Ety Kusmiyati mengungkapkan, pihaknya telah mengajukan empat gapura untuk dilakukan penilaian mewakili Jakarta Pusat, namun hanya gapura RW 03 yang dinilai memenuhi kriteria.  

Ety mengapresisasi kekompakan warga RW 03 yang secara mandiri dan swadaya dalam menciptakan lingkungan yang kondusif dan gapura yang indah.

"Melalui tema warna-warni yang menggambarkan keberagaman dan mewarisi semangat para pahlawan serta unik mudah-mudahan bisa menang ke tingkat nasional," harapnya, saat ditemui di Kantor Kelurahan Utan Panjang, Kamis (16/8).

Keunikan dari gapura ini, karena keterbatasan jalan, gapura dibuat dengan lebar 3 meter, tinggi sekitar 2,5 meter. Di pintu masuk gang ini gapura dibuat dengan hiasan lampion dan lampu warna-warni. Sisi kanan gapura dilukis tiga ikon Asian Games 2018, sisi kiri dilukis sang proklamator Sukarno-Hatta.

Sementara, di bawah dilukis tiga dimensi dan dinding sekitar gapura yang merupakan tembok rumah dan teras warga dilukis berwarna-warni dengan konsep HUT RI dan Asian Games. 

Sementara itu, Raides Aryanto, Kepala Bidang Komunikasi Informasi Publik Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominfotik) DKI Jakarta, selaku tim penilai yang datang Kekelurahan Utan Panjang mengatakan bahwa gapura di sini telah memenuhi kriteria, mulai partisipasi dan keguyuban warganya, estetika, perpaduan warna, serta  kreativitas hingga kebersihan lingkungannya.

"Warga di sini sangat bisa memanfaatkan ruang yang sempit menjadi tertata indah," pungkasnya.

Kominfotik JP/As/Stk


Tulis Komentar Anda



Berita Terkait